Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-teki silang) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan

Regina, RA Chikita (2022) Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-teki silang) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_SAMPUL-1.pdf

Download (61kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
RA. Chikitha ReginaKrisyanto_18381082068_BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
RA. Chikitha Regina Krisyanto_18381082068_Daftar Rujukan.pdf

Download (92kB)
[img] Text
RA. Chikitha REgina Krisyanto_18381082068_SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (123kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode, Teka-teki Silang, IPS. Dalam proses pembelajaran, guru pada suatu mata pelajaran tertentu pasti menggunakan metode pembelajaran untuk mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Melalui penggunaan suatu metode pembelajaran tertentu, guru dapat mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dengan mudah serta lebih menjamin kesuksesan pembelajaran, keberadaan metode pembelajaran dirasa penting, mengingat sejauh ini mayoritas guru dalam suatu pendidikan masih banyak yang menggunakan metode yang cendrung monoton, tidak efisien dan juga tidak efektif sehingga dampaknya berpengaruh pada capaian belajar anak didik yang minim. Oleh karena itu guru harus senantiasa melakukan inovasi metode pembelajaran guna meningkatkan antusias belajar siswa salah satunya dengan menggunakan metode teka-teki silang pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana penerapan metode teka-teki silang pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan; kedua, Apa saja kendala guru dalam penerapan metode teka�teki silang pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru IPS di SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1)Metode teka-teki silang sering digunakan oleh guru IPS yang ada di SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan, penerapan metode teka-teki silang menjadikan siswa semakin kreatif dan aktif mengikuti KBM. (2) Faktor Pendukung implementasi metode teka-teki silang diantaranya yakni metode crossword puzzle (teka-teki silang) mudah diterapkan dalam proses pembelajaran, antusias belajar anak didik tinggi, relevan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan keaktifan siswa serta solidaritas antar siswa di kelas VIII meningkat. Adapun kendala implementasi metode crossword puzzle (teka-teki silang) diantaranya keberagaman kemampuan yang dimiliki oleh siswa, terdapat beberapa siswa yang mengandalkan temannya untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru serta instruksi kegiatan pembelajaran yang belum jela

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:23
Last Modified: 13 Dec 2023 04:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4816

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item