Khotijah, Sitti (2022) Upaya Guru IPS Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa Kelas VII Di MTs Miftahul Ulum Toronan Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381082075_SAMPUL.pdf Download (232kB) |
|
Text
18381082075_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (458kB) |
|
Text
18381082075_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (618kB) |
|
Text
18381082075_ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text
18381082075_DAFTAR ISI.pdf Download (389kB) |
|
Text
18381082075_BAB I.pdf Download (327kB) |
|
Text
18381082075_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
Text
18381082075_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
18381082075_BAB IV.pdf Download (415kB) |
|
Text
18381082075_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
18381082075_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
18381082075_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (255kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Strategi Pembelajaran, Aktivitas Siswa Berhasil atau gagalnya Strategi Pembelajaran itu sangat tergantung pada proses belajar yang dialami siswa, ketika siswa berada di sekolah tentunya dalam proses pembelajaran terdapat kesulitan tersendiri yang dialami oleh para siswa. Oleh karena itu harus ada upaya yang dilakukan guru untuk melaksanakan Strategi Pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPS yang terkesan membosankan. Salah satu Strategi Pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS MTs Miftahul Ulum Toronan Bara’ Leke yaitu Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa (PBAS). Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana Upaya Guru IPS Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Aktivitas Siswa Kelas VII Di MTs Miftahul Ulum Toronan Desa Larangan Badung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan; (2) bagaimana penerapan Strategi Pembelajarab Berorientasi Aktivitas Siswa di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Toronan Bara’ Leke Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, Guru IPS, siswa dan yang bersifat non manusia seperti RPP, dan dokumen-dokumen yang terkait. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Upaya Guru IPS IPS dalam menerapkan Strategi Pembelajaran berorientasi Aktivitas Siswa adalah dengan menyusun perencanaan pembelajara, Membuat skenario pembelajaran berdasarkan langkah langkah pembelajaran, membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, menyediakan media pembelajaran dengan melibatkan siswa. (2) Penerapan Strategi Pembelajarab Berorientasi Aktivitas Siswa di Kelas VII MTs Miftahul Ulum Toronan Bara’ Leke Pamekasan diterapkan dengan berbagai bentuk kegiatan, seperti guru membuka kegiatan pembelajaran sebagai langkah awal pra pembelajaran dengan memberikan motivasi kepada siswa, menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran, Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan massalah tersebut, siswa bersama-sama, mendengarkan, berdiskusi, menyusun laporan, dan membuat kesimpulan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:27 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4835 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |