Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Budaya Menghafal Al-Qur’an di MTsN 1 Pamekasan

Novitasari, Mita (2020) Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Budaya Menghafal Al-Qur’an di MTsN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_cover_MPI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_ABSTRAK_MPI.docx

Download (16kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_BAB I_MPI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_BAB IV_MPI.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Mita Novitasari_20160701040128_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf

Download (98kB)

Abstract

Kata Kunci : Karakter Religius, Budaya, Menghafal Al-Qur’an Pembentukan kepribadian manusia (Character building) yang seimbang, sehat, dan kuat sangat dipengaruhi oleh pendidikan agama dan internalisasi nilai keagamaan dalam diri peserta didik. Pembentukan Karakter religius ini tidak lepas dari kewajiban orang tua dan menjadi tugas bagi guru di sekolah. Karakter religius merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk sikap atau karakter siswa. Apalagi sekolah tersebut memang sekolah yang basisnya islam. Guru harus menjadi tameng atau berada di barisan terdepan dalam pembentukan karakter religius. Skripsi ini membahas tentang pembentukan karakter religius siswa melalui budaya menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini berfokus pada: Pertama, Pembentukan karakter religius siswa melalui budaya menghafal Al-Qur’an di MTsN 1 Pamekasan. Kedua, Dampak pembentukan karakter religius siswa melalui budaya menghafal Al-Qur’an di MTsN 1 Pamekasan. Ketiga, faktor penghambat dan pendukung budaya menghafal AL-Qur’an di MTsN 1 Pamekasan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi partisipan berpartisipasi sebagai pengamat, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan beberapa wali murid MTsN 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pembentukan karakter religius siswa melalui budaya menghafal Al-Qur’an di MTsN 1 Pamekasan telah diprogram dengan dimuat dalam praktik keagamaan, yaitu dengan: membaca Al-Qur’an selama 15 menit sebelum bel masuk kelas, pelaksanaan Muraja’ah Al-Qur’an bagi kelas Tahfidz, SKUA (Surat Kecakapan Ubudiyah Akhlakul Karimah bagi siswa reguler non Tahfidz,dan pelaksanaan pendidikan karakter. Kedua, pembentukan karakter religius siswa melalui budaya menghafal Al-Qur’an di MTsN 1 Pamekasan berdampak pada: keikutsertaan orang tua dalam mendidik anak dan menemani anak pada saat menghafal Al-Qur’an. Ketiga, faktor dari pembentukan karakter religius siswa melalui budaya menghafal Al-Qur’an di MTsN 1 Pamekasan adalah: faktor internal (pengalaman pribadi), faktor eksternal (motivasi dari pihak lain), pengaruh media massa, lembaga pendidikan yang mendukung, dan faktor emosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m71E ??
?? m71H ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:56
Last Modified: 27 Jan 2021 07:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/488

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item