Amir, Syuhud Syayadi (2023) Konsep Literasi dalam Al-Qur’an (Kajian Tematik Surah Al-Alaq). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_Cover_.pdf Download (437kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_IQT.pdf Download (110kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_Lembar_Pengesahan_IQT.pdf Download (158kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_ABSTRAK_IQT.pdf Download (127kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_DAFTAR_ISI_IQT.pdf Download (94kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_BAB_I_IQT.pdf Download (398kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_BAB_II_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_BAB_III_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_ BAB_IV_IQT.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_DAFTAR _PUSTAKA_IQT.pdf Download (157kB) |
|
Text
Syuhud Syayadi Amir_20170702051062_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_IQT.pdf Download (146kB) |
Abstract
Kata Kunci: Konsep Literasi, Kajian Tematik, Surah Al-Alaq Konsep literasi dalam Al-Qur’an secara umum meruapakan sebuah titah dari Tuhan dan nabi. Literasi yang menjadi titah Tuhan disebut sebagai literasi ke�Tuhanan. Literasi ke-Tuhanan ini berkaitan erat dengan perintah untuk membaca, baik membaca angka, aksara, serta membaca alam semesta. Literasi yang menjadi titah nabi merupakan sebuah tulisan yang bisa dikatakan sebagai literasi kenabian. Hal ini terdapat dalam penelitian Konsep Literasi dalam Al-Qur’an (Kajian Tematik Surah Al-Alaq Ayat 1-19). Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menemukan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep literasi dalam Al-Quran secara umum? 2) Bagaimana konsep literasi dalam Al-Qur’an kajian tematik surah Al-Alaq ayat 1-19 berdasarkan tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab? Sehingga dari rumusan masalah tersebut, peneliti menemukan fokus tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan konsep literasi dalam Al�Quran secara umum, 2) Mendeskripsikan konsep literasi dalam Al-Quran kajian tematik surah Al-Alaq ayat 1-19 berdasarkan tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang bersifat kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan adalah Al-Qur’an Surah Al-Alaq ayat 1-19 berdasarkan tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Teknik pengumpulan data, yaitu mengumpulkan semua data yang berhubungan dengan tema ini, khususnya semua buku yang berbicara tentang literasi, macam-macamnya, dan sebagainya. Terlebih kepada buku-buku kitab karangan para ulama dan juga literatur umum diluar keislaman seputar literasi. Selain itu, mengumpulkan data-data sekunder yang berasal dari jurnal dengan mencocokan tema penelitian ini. Agar bisa dipertanggung jawabkan dan sesuai dengan keinginan penulis. Berdasarkan dari hasil pembahasan yang mengacu pada fokus tujuan penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa konsep literasi dalam Al-Qur’an kajian tematik surah Al-Alaq ayat 1-19 berdasarkan tafsir al-misbah: 1) Konsep literasi dalam Al-Qur’an secara umum adalah sebuah titah dari Tuhan dan nabi. Literasi yang menjadi titah Tuhan disebut sebagai literasi ke-Tuhanan. Literasi ke�Tuhanan ini berkaitan erat dengan perintah untuk membaca, baik membaca angka, aksara, serta membaca alam semesta. Literasi yang menjadi titah nabi merupakan sebuah tulisan yang bisa dikatakan sebagai literasi kenabian. 2) Konsep literasi dalam Al-Qur’an kajian tematik surah Al-Alaq ayat 1-19 berdasarkan tafsir al�misbah adalah perintah iqra’ tidak mengharuskan adanya suatu teks tertulis sebagai objek bacaan, dan tidak pula harus diucapkan sehingga terdengar orang lain. Maka pemaknaan iqra’ ini bisa mengandung beragam arti, yakni menyampaikan, menelaah, membaca, mendalami, meneliti, mengetahui ciri-ciri sesuatu, dan sebagainya yang semuanya bermuara pada kata menghimpun. Pernyataan di atas memperkuat analisis penulis terkait literasi yang diambil dari kesimpulan literasi iv secara umum yang artinya mampu membaca, menulis, bahkan memahami segala sesuatu. Sehingga tidak cukup memahami literasi dari segala sesuatu yang tertulis atau bahkan stagnan dalam persoalan yang secara berkelanjutan menjadi konsumsi masyarakat (manusia)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 08:03 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 08:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4979 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |