Yutami, R. Mia Riska (2020) Pelaksanaan Bimbingan Karir Untuk Mengembangkan Pengetahuan Bakat Minat Anak Tuna Rungu Di SLB PGRI Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-Sampul-BKPI.pdf Download (38kB) |
|
Text
c. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-Halaman Persetujuan-BKPI(1).pdf Download (21kB) |
|
Text
d. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-Halaman Pengesahan-BKPI(1).pdf Download (32kB) |
|
Text
e. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-Abstrak-BKPI.pdf Download (15kB) |
|
Text
f. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-Daftar Isi-BKPI.pdf Download (18kB) |
|
Text
g. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-BAB I-BKPI.pdf Download (47kB) |
|
Text
h. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-BAB II-BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
i. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-BAB III-BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
j. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-BAB IV-BKPI.pdf Download (226kB) |
|
Text
k. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-BAB V-BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
l. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-Daftar Pustaka-BKPI.pdf Download (17kB) |
|
Text
b. R. Mia Riska Yutami-20160701090110-Pernyataan Keaslian Tulisan-BKPI.pdf Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang terdapat di SLB PGRI yang memiliki kemampuan dalam berbagai bidang keterampilan seperti menjahit, memasak, mengelas dan membatik, hal tersebut tidak lepas dari pemberian bimbingan karir yang diberikan oleh guru. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Pelaksanaan bimbingan karir untuk mengembangkan pengetahuan bakat minat anak tuna rungu di SLB PGRI Pamekasan?, 2) Hambatan dalam mengembangkan pengetahuan bakat minat anak tuna rungu di SLB PGRI Pamekasan?, 3) Hasil pelaksanaan bimbingan karir untuk mengembangkan pengetahuan bakat minat anak tuna rungu di SLB PGRI Pamekasan?. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan evaluasi pada guru bimbingan agar dapat memaksimlakan dalam mengembangkan kemampuan bakat dan minat siswa tuna rungu dan ABK lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Sekolah luar biasa (SLB) PGRI Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan bimbingan karir untuk mengembangkan pengetahuan bakat anak tuna rungu di SLB PGRI Pamekasan yaitu a). Guru memberikan bimbingan individu dan kelompok, b). Bimbingan dilakukan di dalam kelas atau ruang terbuka, c). Kegiatan keterampilan melitputi: menjahit, membatik, tata boga, mengelas, dan lain-lain. Kedua, Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan belajar mengajar disekolah terutama kegiatan keterampilan yaitu, a). Siswa tuna rungu kurang focus dalam mengikuti kegiatan keterampilan, b). Dalam melakukan kegiatan keterampilan membuthkan durasi waktu yang lama. Ketiga, Hasil dari pelaksanaan bimbingan karir untuk mengembangkan pengetahuan bakat minat anak tuna rungu di SLB PGRI Pamekasan yaitu a). Siswa tuna runu mampu dan terampil dan menguasai materi keterampilan yang diberikan oleg guru, b). Produk yang dihasilkan cukup baik dan bisa dipasarkan, c). Siswa tuna rungu mampu berprestasi baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71H ?? ?? m_071 ?? ?? m_110 ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 08:26 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 08:26 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/525 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |