Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Produk Siaga (Simpanan Anggota) Pada Kepuasan Anggota KSPPS BMT NU Cabang Galis

Febriyanti, Asrofi (2023) Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Produk Siaga (Simpanan Anggota) Pada Kepuasan Anggota KSPPS BMT NU Cabang Galis. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_COVER_PBS.pdf

Download (279kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_Lembar Persetujuan Pembimbing_PBS.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_ABSTRAK_PBS.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_DAFTAR ISI_PBS.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_BAB I_PBS.pdf

Download (755kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_BAB IV_PBS.pdf

Download (617kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_DAFTAR RUJUKAN_PBS.pdf

Download (397kB)
[img] Text
ASROFI FEBRIYANTI_19383022052_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf

Download (112kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Kualitas Layanan, Produk SIAGA, Kepuasan Anggota KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan merupakan suatu lembaga keuangan yang bergerak dalam penghimpun, pengelola dan penyaluran dana kepada masyarakat melalui berbagai produk yang menggunakan prinsip dan akad syariah. Dalam kegiatannya pada produk pengimpun dana terdapat produk SIAGA (Simpanan Anggota) yang digunakan sebagai produk invesatsi bagi para anggota. Sebagai usaha untuk memberikan kepuasan kepada anggota BMT NU Cabag Galis memberikan sebuah layanan berkualitas bagi seluruh anggota penabung maupun bagi anggota peminjam, memberikan layanan berkualitas tentunya diiringi dengan strategi untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tiga fokus penelitian yang akan menjadi kajian pokok yaitu: pertama, bagaimana kualitas pelayanan produk SIAGA, kedua, Strategi apa sajakah yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas layanan produk SIAGA,ketiga, faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapan strategi yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Galis untuk meningkatkan kualitas layanannya dalam meningkatkan kepuasan Anggota Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Cabang BMT NU Cabang Galis Pamekasan, Admin, Teller, Bagian Tabungan, dan Nasabah/ Anggota. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, BMT NU Cabang Galis Pamekasan memberikan layanan berkualitas sesuai dengan dimensi kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan serta empati atau perhatian kepada anggota. Kedua, dalam meningkatkan kualitas layanannya mereka melakukan berbagai strategi dengan meningkatkan kualitas karyawan seperti, mengadakan rapat internal, layananan pengaduan keluhan dan saran, diklat anggota, dan metode pendekatan dengan media pengajian ranting NU, strategi tersebut bertujuan untuk meningkatkan skill atau kemapuan karyawan, sehingga nantinya dapat memberikan layanan yang baik dan terpercaya sehingga mampu memberikan rasa aman dan puas kepada para anggota pada saat mereka melakukan transaksi. Ketiga, dalam melakukan strategi tentunya ada yang menjadi faktor pendukung seperti keinginan pengelola dan karyawan, dukungan lembaga serta ranting NU setempat untuk menjadikan BMT terus berkembang. Adapun faktor yang menghambat berupa masih adanya keluhan- keluhan palsu yang dilontarkan untuk merusak citra lembaga BMT NU dan untuk penghambat yang lainnya tidak ditemukan selama proses strategi diterapkan oleh BMT NU Cabang Galis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:56
Last Modified: 22 Mar 2024 02:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5252

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item