Model Ice Breaking Pada Layanan Bimbingan Klasikal Di SMP Negeri 2 Pamekasan

Christy, Monalisa (2020) Model Ice Breaking Pada Layanan Bimbingan Klasikal Di SMP Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1.Monalisa Christy_20160701090095_Sampul_BKPI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
3. Monalisa Christy_20160701090095_Halaman Persetujuan_BKPI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
4. Monalisa Christy_20160701090095_Halaman Pengesahan_BKPI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
5. Monalisa Christy_20160701090095_Abstrak_BKPI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
6. Monalisa Christy_20160701090095_Daftar Isi_BKPI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. Monalisa Christy_20160701090095_BAB I_BKPI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
8. Monalisa Christy_20160701090095_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
9. Monalisa Christy_20160701090095_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
10. Monalisa Christy_20160701090095_BAB IV_BKPI.pdf

Download (581kB)
[img] Text
11. Monalisa Christy_20160701090095_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
12. Monalisa Christy_20160701090095_Daftar Pustaka_BKPI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
2. Monalisa Christy_20160701090095_Surat Keaslian Tulisan_BKPI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Kata Kunci: Ice Breaking dan Layanan Bimbingan Klasikal Ice Breaking pada layanan bimbingan klasikal menjadi hal penting untuk mengalihkan situasi dari yang berkesan tegang, membosankan, membuat mengantuk dan menjenuhkan menjadi rileks, bersemangat dan tidak membuat mengantuk.. Penel iti mengangkat judul tersebut karena ingin mengetahui seberapa pengaruhnya ice breaking saat diberikan apabila suasana kelas sudah tidak kondusif lagi. Dalam penelitian ini terdapat 3 fokus penelitian pertama, apa saja jenis ice breaking yang gunakan di SMP Negeri 2 Pamekasan? Kedua, Bagaimana penggunaan teknik ice breaking dalam layanan klasikal untuk mengurangi kejenuhan siswa? Ketiga, Apa saja factor pendukung dan penghambat dalam memberikan teknik ice breaking? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian deskriptif. Metode yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah yang digunakan dalam menganalisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan cara perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan teknik. Hasi Penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Jenis ice breaking yang digunakan di SMP Negeri 2 Pamekasan, (1) tebak gambar (2) lempar bola (3) acak kata (4) pesan berantai (5) yel-yel (6) tebak diriku (7) bericara cepat tepat (8) badak vs badut. Kedua langkah-langkah diberikannya teknik ice breaking acak kata, (1) ibu meminta peserta didik untuk duduk tenang dan mendengarkan instruksi (2) guru meminta peserta didik untuk berkumpul bersama kelompoknya, biasanya ibu membagi menjadi 4 kelompok sesuai tempat duduk yang (3) tugas peserta didk yaitu menyusun acak kata menjadi sebuah kata yang mempunyai arti (4) setelah siswa memahami permainan akan segera dimulai (5) ibu menayangkan slide acak kata di laptop dan meminta setiap kelompok maju bergantian dengan jangka waktu hanya 5menit (6) jika sudah selesai ibu akan mendapatkan kelompok pemenang. Ketiga faktor penghambat dan pendukung. Faktor pendukung (1) sarana prasarana (2) minat dan motivasi siswa (3) keaktifan guru dalam mengajar. Dan faktor penghambat (1) sumber belajar masih minim (2) alat peraga atau media masih terbatas (3) siswa yang berbicara sendiri ketika pelajaran sedang berlangsung (4) tida k sedikit siswa yang kurang serius saat kegiatan ice breaking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_133 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:15
Last Modified: 28 Jan 2021 08:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/530

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item