Implementasi Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini di TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanakan Pamekasan

Khomsatun, Khomsatun (2020) Implementasi Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini di TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Khomsatun_20160701060028_Cover_PIAUD.pdf.pdf

Download (117kB)
[img] Text
c) Khomsaun_20160701060028_Lembar_Persetujuan_Pembmbing_PIAUD.pdf.pdf

Download (139kB)
[img] Text
d) Khomsatu_20160701060028_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf.pdf

Download (852kB)
[img] Text
e) Khomsatun_20160701060028_ Abstrak_PIAUD.pdf.pdf

Download (84kB)
[img] Text
f) Khomsatun_20160701060028_Daftar_Isi_PIAUD.pdf.pdf

Download (64kB)
[img] Text
g) Khomsatun_20160701060028_BAB I_PIAUD.pdf.pdf

Download (150kB)
[img] Text
h) Khomsatun_20160701060028_BAB II_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
i) Khomsatun_20160701060028_BAB III_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
j) Khomsatun_20160701060028_BAB IV_PIAUD.pdf.pdf

Download (196kB)
[img] Text
k) Khomsatun_20160701060028_BAB V_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
l) Khomsatun_20160701060028_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf.pdf

Download (97kB)
[img] Text
b) Khomsatun_ 20160701060028_Surat_Pernyataan Keaslian_Tulisan_PIAUD.pdf.pdf

Download (213kB)

Abstract

Kata kunci: Metode Proyek, Kemampuan Sosial Metode Proyek adalah sebuah metode yang di gunakan dalam kegiatan belajar mengajar yang berisi tentang suatu kegiatan yang membuat karya atau produk dengan sambil bermain secara berkelompok. Salah satu lembaga yang mengadakan kegiatan Metode Proyek ini adalah TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanakan Pamekasan .Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan sosial anak didik. Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana implementasi metode proyek dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini di TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanak Pamekasan. Kedua, bagaimana perkembangan kemampuan sosial anak usia dini setelah diterapkannya metode proyek di TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanakan Pamekasan. Ketiga, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan sosial anak usia dini dalam implementasi metode proyek di TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi metode proyek dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini di TK TUNAS RIMBA desa kramat tlanakan Pamekasan di sini ada tiga cara atau langkah yaitu 1. persiapan/permulaan 2. pelaksanaan 3. pengambilan kesimpulan. Kedua yaitu Bagaimana perkembangan kemampuan sosial anak usia dini setelah diterapkannya metode proyek di TK TUNAS RIMBA desa kramat tlanakan Pamekasan yaitu, Penerapan metode proyek memberikan kontribusi yang sangat besar pada kemampuan sosial anak di TK TUNAS RIMBA desa kramat, terlihat dari peserta didik yang tadinya malu untuk bermain dan berinteraksi dengan temanya, usil dan suka memukul temannya, sudah tidak lagi seperti itu. Anak sudah mulai bisa mengeluarkan ide-idenya dalam membuat produk atau karya dan mampu bekerjasama, saling membantu untuk menyelasaikannya. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan sosial anak dalam Implementasi Metode Proyek di TK TUNAS RIMBA desa kramat tlanakan pamekasan yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi ada dua, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Dimana faktor pendukungnya diantaranya, belajar kelompok, media pembelajaran yang efektif, kreativitas guru, dan antusias peserta didik. Adapun faktor penghambatnya diantaranya, sifat anak yang masih egois, tidak mau berbagi, merebut milik orang lain, anak kurang konsentrasi terhadap penjelasan guru, anak tidak patuh atau tidak mau mengikuti aturan, anak yang pemalu, dan ruang kelas yang sempit. vi Mengingat pentingnya sosial bagi anak maka disarankan bagi Guru lembaga pendidikan untuk selalu memberikan motivasi dan mengingatkan kepada anak tentang pentingnya rasa peduli yang bentuknya bisa dilakukan dengan cara saling tolong menolong orang yang membutuhkan selain itu guru harus selalu menjadi contoh yang baik. Alangkah baiknya lagi agar orang tua juga ikut memberikan motivasi dan selalu mengingatkan anaknya dalam bersosial yang baik, karena orang tua merupakan tanggung jawab dari penddikan anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71K ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:57
Last Modified: 29 Jan 2021 02:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/531

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item