Pengaruh Ujrah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan

Wijayanti, Lika Indah (2023) Pengaruh Ujrah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_cover_PBS.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Lika Indah Wijayanti_20383022140_Halaman persetujuan.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lika Indah Wijayanti_20383022140_Halaman Pengesahan.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_Abstrak_PBS.pdf

Download (33kB)
[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_Daftar isi_PBS.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_bab I_PBS.pdf

Download (505kB)
[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_bab II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_bab III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_bab IV_PBS.pdf

Download (922kB)
[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_bab V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
LIKA INDAH WIJAYANTI_20383022140_daftar rujukan_PBS.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Lika Indah Wijayanti_20383022140_Keaslian Tulisan.pdf

Download (284kB)

Abstract

Kata Kunci: Ujrah, Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, BMT NU, Gadai, Pembiayaan. Kepuasan Anggota termasuk suatu hal penting dalam mempertahankan para anggota dan merupakan kunci kesuksesan sebuah perusahaan begitu juga bagi KSPPS BMT Nuansa Ummat Cabang Galis Pamekasan. Kepuasaan Anggota merupakan sebuah perasaan yang timbul setelah mengonsumsi barang atau membeli sebuah jasa atau setelah terpenuhinya sebuah harapan anggota. Salah satu produk unggulan di KSPPS BMT Nuansa Ummat Cabang Galis Pamekasan yaitu produk gadai emas. Kesesuaian biaya-biaya dalam produk gadai bisa menimbulkan pandangan positif terhadap produk tersebut jika sesuai dengan harapan anggota, antara lain adanya biaya ujrah yang rendah dan kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kausal, untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan gadai emas di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan sebanyak 510 anggota. Teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Didapatkan sampel sebanyak 84 anggota. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil uji dalam penelitian ini Pertama: Variabel Ujrah (X1) diperoleh hasil thitung > ttabel ( 2,414 > 1,989 ) dengan sig 0,018 < 0,05, Ha diterima H0 ditolak yang artinya variabel Ujrah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota pembiayaan gadai emas (rahn). Kedua: Variabel Kualitas pelayanan (X2) diperoleh hasil thitung > ttabel ( 3,974 > 1,989 ) dengan sig 0,000 < 0,05, Ha diterima H0 ditolak yang artinya variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota pembiayaan gadai emas (rahn). Dengan demikian variabel X secara individual sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Ketiga: Hasil uji F menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel ( 25,648 > 3,11 ). Yang berarti variabel X ( Ujrah dan Kualitas Pelayanan ) berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y (Kepuasan Anggota). Dengan hasil R2 sebesar 0,373 atau 37,3%, yang berarti kemampuan model regresi dalam menerangkan hubungan variabel dependen (Ujrah dan Kualitas Pelayanan) dengan variabel independen (Kepuasan Anggota) sebesar 37,3%. Sedangkan sisanya sebesar 62,7% dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:43
Last Modified: 26 Mar 2024 03:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5330

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item