Implikasi Pelayanan dan Kinerja Customer Service Terhadap Kepuasan Anggota Di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan

Aditio G, Moh. Reynaldi (2023) Implikasi Pelayanan dan Kinerja Customer Service Terhadap Kepuasan Anggota Di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_COVER_PBS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_SURAT PERSETJUAN_PBS.pdf

Download (103kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_SURAT PENGESAHAN_PBS.pdf

Download (120kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_ABSTRAK_PBS.pdf

Download (86kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_DAFTAR ISI_PBS.pdf

Download (87kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_BAB I_PBS.pdf

Download (431kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_BAB IV_PBS.pdf

Download (493kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_DAFTAR PUSTAKA_PBS.pdf

Download (228kB)
[img] Text
MOH. REYNALDI ADITIO G_19383021073_KEASLIAN TULISAN_PBS.pdf

Download (111kB)

Abstract

Kata Kunci : Pelayanan, Kinerja Customer Service, Kepuasan Anggota. Lembaga keuangan memiliki peran penting bagi kehidupan suatu negara, Dengan perananan tersebut, adanya lembaga keuangan diharapakan memberikan suatu kemanfaatan yang lebih bagi masyarakat, supaya sistem lembaga keuangan berjalan dengan baik maka perlu lembaga keuangan untuk menjalankanya salah atunya yaitu BMT (Baitul Maal wat Tamwil). Terdapat faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota diantaranya yaitu pelayanan dan kinerja customer service. Pelayanan yang dilakukan oleh KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis yaitu dengan melakukan jasa antar jemput simpanan dan pembiayaan serta anggota yang ingin melakukan penarikan uang tidak usah ke kantor cabang melainkan bisa melakukan penarikan kepada petugas tabungan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang banyak menuntut penggunaan angka, dengan menggunakan desain penelitian kausal, untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan dengan jumlah total anggota yaitu 6219 anggota. Untuk menentukan sampel menggunakan rumus slovin sehingga di peroleh sampel yang berjumlah 100 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Sedangkan teknik analisa datayang di gunakan adalah regresi linear berganda. Hasil uji t diperoleh thitung 4,203 dengan taraf signifikan 0,000 dan nilai ttabel sebesar 1,984. Dari hasil tersebut menunjuukan bahwa thitung (4,203) > ttabel (1,984) dan nilai signifikan (0,000) < (0,005). Hal ini variabel X1 (Pelayanan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan. Hasil uji t yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,384 dengan taraf signifikan 0,019 dan nilai ttabel sebesar 1,984. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,019 < 0,05 dan nilai thitung (2,384) > ttabel (1,984) Artinya, variabel X2 (Kinerja Customer Service) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan. Basil uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 30,674 dengan taraf signifikansi 0,000 dan nilai Ftabel sebesar 3,090 dan diperoleh dari dka pembilang = k dan dkb = n-k-1. Sehingga dka = 2 dan dkb = 100-2- 1 = 97. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabeldan taraf sig. (0,000) < 0,05.Artinya pelayanan dan kinerja customer service berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:53
Last Modified: 24 Apr 2024 02:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5366

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item