Hasanah, Ulfatul (2023) Strategi Peningkatan Number of Account Dengan Kemudahan E-Channel di BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Cover.pdf Download (272kB) |
|
Text
Persetujuan.pdf Download (43kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf Download (70kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (224kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (650kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (790kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (351kB) |
|
Text
Keaslian Tulisan.pdf Download (71kB) |
Abstract
Kata Kunci: Number of Account (NOA), E-Channel Pada zaman seperti saat ini teknologi terus mengalami kemajuan seperti halnya pada bidang keuangan yang sudah dilengkapi dengan fasilitas layanan echannel yang bisa diakses secara digital. Layanan e-channel bisa digunakan dalam pembukaan rekening maupun untuk kebutuhan transaksi keuangan lainnya. Dari adanya fasilitas layanan e-channel BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1 memanfaatkan semaksimal mungkin layanan tersebut untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dan calon nasabahnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 3 (tiga) fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana mekanisme layanan e-channel yang diterapkan oleh BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1. 2) Bagaimana strategi layanan e-channel dalam peningkatan number of account di BSI KCP Sumenep Trunojoyo. 3) Apa saja faktor pendukung, penghambat dan solusi yang diterapkan dalam peningkatan number of account dengan adanya echannel di BSI KCP Sumenep Trunpjoyo 1. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data dan proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi branch manager, branch operation and service manager, customer service dan 10 nasabah. Data yang didapatkan dari lapangan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mekanisme yang dilakukan dalam aktivasi layanan e-channel yaitu KTP, buku tabungan/rekening dan ATM. Layanan e-channel yang disediakan yaitu ATM, BSI mobile, net banking, notifikasi (SMS banking) dan BSI call. Dengan jumlah pengguna layanan e-channel paling banyak digunakan selain ATM yaitu BSI mobile dengan jumlah rata-rata 338,125. Strategi yang diterapkan yaitu mewajibkan nasabah menggunakan layanan e-channel, bundling, menggarap pasar, cross selling sehingga dari adanya strategi tersebut menunjukkan rata-rata pengguna layanan e-channel 425,625, NOA 323,125, burekol 148,5. Dalam menggunakan layanan e-channel sebagai pembukaan rekening atau yang lainnya tentunya ada faktor pendukung seperti BSI mobile dan net banking yang sudah disediakan oleh pihak BSI, layanan e-channel yang mudah dijangkau dan adanya referral. Selain itu, faktor penghambat yang dialami nasabah seperti jaringan dan handphone yang tidak support, update sistem, pulsa serta maraknya kejahatan phishing dan skimming. Adanya faktor penghambat tersebut, BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1 menyikapi dengan cara memberikan solusi cukup maksimal yaitu dengan menyediakan fasilitas seperti jaringan Wi-Fi, handphone atau tablet yang digunakan untuk membuka webform dan memberikan edukasi terkait bagaimana menjaga akun agar tetap aman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:28 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5520 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |