Pola Interaksi Guru dan Murid dalam Al-Qur’an Surah al-Kahf Ayat 60-82 Perspektif M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah

Ridho, Ali (2020) Pola Interaksi Guru dan Murid dalam Al-Qur’an Surah al-Kahf Ayat 60-82 Perspektif M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Ali Ridho_20160721008_Cover_MPd.pdf

Download (131kB)
[img] Text
c) Ali Ridho_20160721008_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPd.pdf

Download (72kB)
[img] Text
d) Ali Ridho_20160721008_Lembar Pengesahan_MPd.pdf

Download (266kB)
[img] Text
f) Ali Ridho_20160721008_Daftar_Isi_MPd.pdf

Download (243kB)
[img] Text
g) Ali Ridho_20160721008_BAB I_MPd.pdf

Download (330kB)
[img] Text
h) Ali Ridho_20160721008_BAB II_MPd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
i) Ali Ridho_20160721008_BAB III_MPd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
j) Ali Ridho_20160721008_BAB IV_MPd.pdf

Download (743kB)
[img] Text
k) Ali Ridho_20160721008_BAB V_MPd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
l) Ali Ridho_20160721008_Daftar_Pustaka_MPd.pdf

Download (139kB)
[img] Text
b) Ali Ridho_2016721008_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_MPd (2).pdf

Download (523kB)

Abstract

Kata kunci: Pola Interaksi, Tafsir al-Misbah, M. Quraish Shihab. Al-Qur’an adalah sebuah kitab yang menjadi pedoman bagi umat Islam diseluruh dunia. Didalam al-Qur’an ada banyak kisah-kisah para Nabi dan Rasul terdahulu yang dapat menjadi sebuah pelajaran terkait pola interaksi guru dan murid bagi umat Islam. Salah satunya adalah kisah yang terdapat didalam alQur’an surah al-Kahf 60-82 yang mengkisahkan perjalanan Nabi Musa dan Nabi Khidhr. Dalam kisah perjalanannya terdapat pola interaksi yang berbeda-beda dari keduanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; Bagaimana Interaksi Guru dan Murid dalam al-Qur’an Surah al-Kahf ayat 60-82 Perspektif M.Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah ? dan Bagaimana Pola Interaksi Guru dan Murid dalam alQur’an Surah al-Kahf ayat 60-82 Perspektif M.Quraish Shihab dalam Tafsir alMisbah dalam pembelajaran ? Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kajian pustaka. Sumber yang menjadi rujukan utama dalam penelitian ini ialah Tafsir al-Misbah karangan M. Quraish Shihab. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumenter, yaitu dengan cara menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku, majalah, koran, artikel dan dokumen-dokumen lain yang bisa menunjang pada penelitian ini. Analisis data dilakukan selama dan setelah penelitian berlangsung dengan menggunakan analisis isi dalam upaya menarik kesimpulan yang sahih dari beberapa literatur khususnya Tafsir al-Misbah karangan M. Quraish Shihab yang merupakan sumber primer dalam penelitian ini. 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa Interaksi Murid terhadap Guru yaitu Belajar dengan niat ibadah karena Allah, Semangat dalam menuntut ilmu, Memperlihatkan keseriusan dengan ungkapan sopan dan tawadhu’, Murid memposisikan diri sebagai yang membutuhkan ilmu, Menghormati guru, dan Menepati kontrak belajar yang sudah disepakati antara murid dengan guru. 2) Interaksi Guru terhadap Murid yaitu Melakukan tes minat dan bakat terhadap murid, Melakukan kontrak belajar dengan murid, Memberikan hukuman kepada murid sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan, Menjelaskan suatu pelajaran secara bertahap Sebagai pendidik, dan Menjelaskan hikmah (pengetahuan irfani) dibalik fakta atau fenomena (pengetahuan empiri) kepada murid. 3) Pola Interaksi Guru dan Murid dalam Surah Al-Kahf Ayat 60-82 ada dua yaitu Komunikasi satu Arah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:01
Last Modified: 01 Feb 2021 03:01
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/562

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item