Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Keberagamaan Siswa di SMP Negeri 1 Modung Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan

Zainuddin, M. (2020) Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Keberagamaan Siswa di SMP Negeri 1 Modung Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) M.ZAINUDDIN_2016072064_COVER_PAI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
c) M.ZAINUDDIN _ 2016072064_PERSETUJUAN _PEMBIMBING _ PAI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
d) M.ZAINUDDIN _ 2016072064 - LEMBAR PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
e) M. ZAINUDDIN_ 20160721064 _ABSTRAK_ PAI.pdf

Download (643kB)
[img] Text
f). M.ZAINUDDIN _ 2016072064_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
g. M.ZAINUDDIN _ 20160721064 _ BAB 1_PAI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
h). M.ZAINUDDIN _ 20160721064 _BAB 2 _PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
i). M.ZAINUDDIN _ 20160721064 _ BAB 3 _ PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
j). M.ZAINUDDIN _ 20160721064 _ BAB 4 _ PAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k). M.ZAINUDDIN _ 20160721064 _ BAB 5 _PAI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
l). M.ZAINUDDIN _ 20160721064 _ BAB 6 _PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
m). M.ZAINUDDIN_2016072064_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
b) M.ZAINUDDIN_2016072064_SURAT_PERNYATAAN KEASLIAN_KARYA_dan_PERSETUJUAN PUBLIKASI_PAI.pdf

Download (170kB)

Abstract

Keberagamaan siswa SMP Negeri 1 Modung Bangkalan masih belum berkembang dengan baik disebabkan sistem pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah hanya menekankan pada pengetahuan dan pemahaman yang sifatnya teori dan berpusat pada guru, dan begitu juga materinya hanya bertumpu pada ketentuan yang ada dalam kurikulum dengan alokasi waktu 2 jam perminggunya. Menyikapi permasalahan tersebut, kepala sekolah mengambil kebijakan berupa pengembangan keberagamaan siswa dengan melibatkan semua guru dan komite sekolah. Tujuan dari pengembangan keberagamaan tersebut adalah untuk memperluas dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai ajaran Islam, yang kemudian hasilnya diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini mencakup (1) bagaimana kondisi riil keberagamaan siswa di SMP Negeri 1 Modung, (2) bagaimana program pengembangan keberagamaan siswa di SMP Negeri 1 Modung, (3) bagaimana pelaksanaan program serta faktor pendukung dan penghambat pengembangan keberagamaan siswa di SMP Negeri 1 Modung, dan (4) bagaimana keberhasilam program pengembangan keberagamaan siswa di SMP Negeri 1 Modung. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Modung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur, observasi terstruktur, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan selama dan setelah penelitian berlangsung dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi riil keberagamaan siswa di SMP Negeri 1 Modung masih tergolong rendah, karena masih terbatas pada penguasaan materi pelajaran saja, sedangkan pada aspek penghayatan dan pengamalan masih belum tertanam dan terbina dengan baik, (2) program pengembangan keberagamaan di SMP Negeri 1 Modung diawali dengan penyusunan program bersama antara kepala sekolah, dewan guru, dan komite sekolah, dengan program pengembangan keberagamaan yang ditetapkan mencakup (a) shalat dhuha, (b) pembacaan asmaul husna, (c) pembiasaan akhlak mulia, (d) pembacaan ayat-ayat al-Qur’an, (r) do’a bersama di awal dan di akhir pembelajaran, khatmil Qur’an, (f) inafak, dan (g) shalat dhuhur berjamaah, (3) pelaksanaan program pengembangan keberagamaan di SMP Negeri 1 Modung berjalan secara lancar dan efektif. Faktor pendukung program pengembangan keberagamaan adalah adanya koordinasi, komunikasi, dan kerja sama yang baik di antara para stakeholder, sedangkan faktor penghambat adalah terbatasnya daya tampung mushalla dan jumlah al-Qur’an yang diigunakan dalam kegiatan keberagamaan, dan (4) keberhasilan program pengembangan keberagamaan di SMP Negeri 1 Modung adalah sangat efektif, baik dari segi proses pelaksanaan maupun dari segi hasil pelaksanaan program pengembangan keberagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m71H ??
?? m_014 ??
?? m_028 ??
?? m_099 ??
?? m_175 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:15
Last Modified: 01 Feb 2021 08:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/571

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item