Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Relasi Sosial Siswa Di SMA Hidayatun Najah Pamekasan

Nuraini, Siti (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Relasi Sosial Siswa Di SMA Hidayatun Najah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381092035 COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
19381092035 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text
19381092035 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
19381092035 ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
19381092035 DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
19381092035 BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
19381092035 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
19381092035 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
19381092035 BAB IV.pdf

Download (425kB)
[img] Text
19381092035 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
19381092035 Daftar Rujukan.pdf

Download (401kB)
[img] Text
19381092035 KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (126kB)

Abstract

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Simulasi, Kemampuan Relasi Sosial Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang memiliki kemampuan relasi sosial yang rendah, dimana disekolah tersebut berada di bawah naungan pondok pesantren siswa yang notabennya anak pondok sangat canggung untuk berinteraksi dengan siswa yang berasal dari desa tersebut begitupun sebaliknya. Sehingga judul dalam penelitian ini adalah “Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi untuk Mningkatkan Kemampuan Relasi Sosial Siswa di SMA Hidayatun Najah Pamekasan”. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah: Apakah Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Relasi Sosial Siswa di SMA Hidayatun Najah Pamekasa”. Dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah treatment yang diberikan oleh peneliti berupa bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kemampuan relasi sosial pada siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan jenis penelitian design pre-experimental. Bentuk rancangan pada penelitian ini adalah one-group pretest-postest, yaitu pengukuran di awal dan di akhir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kemampuan relasi sosial yang di berikan kepada sampel dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) dan menggunakan wawancara terstruktur sebagai pendukung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA dengan julah 16 siswa sesuai dari rekomendasi guru BK di sekolah. Teknik yang analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik simulasi efektik untuk dapat meningkatkan kemampuan relasi sosial siswa kelas XII IPA di SMA Hidayatun Najah Pamekasan tahun ajaran 2022-2023. Dapat dilihat dari uji Test Statistics nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,07 > 0,05, dan pada ujicona wilcoxon nilai negative ranks (1) 16.00 – 16.00 dan nilai Positive Ranks (15) 8.00-120.00, dan nilai Ties (0). Dapat disimpulakan bahwa dari nilai diatas dinyatakan bahwa tidak ada nilai yang sama antara nilai pretest-posttest semuanya mengalami peningkatan dalam kemampuan relasi sosial. Dan pada nilai rata-rata pretest sebesar 1,522 sedngkan rata-rata pada nilai posttest sebesar 1,664. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan kepada guru BK menunjukkan bahwa terdapat kemampuan relasi sosial siswa meningkat setelah diberikannya sebuah treatment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:53
Last Modified: 26 Jun 2024 04:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5723

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item