Peran guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa MTs Tarbiyatul Mubtadiin

Jalal, Abd (2023) Peran guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa MTs Tarbiyatul Mubtadiin. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_SAMPUL (PDF).pdf

Download (230kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_HALAMAN PERSETUJUAN (PDF).pdf

Download (36kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_HALAMAN PEGESAHAN (PDF).pdf

Download (59kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_ABSTRAK (PDF).pdf

Download (33kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_DAFTAR ISI (PDF).pdf

Download (322kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_BAB I (PDF).pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_BAB II (PDF).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_BAB III (PDF).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_BAB IV (PDF).pdf

Download (810kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_BAB V (PDF).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_DAFTAR RUJUKAN (PDF).pdf

Download (411kB)
[img] Text
ABD. JALAL_19381091122_KEASLIAN TULISAN (PDF).pdf

Download (57kB)

Abstract

Kata kunci: peran guru, motivasi belajar Adanya perbedaan motiavsi belajar setiap siswa tentunya dibutuhkan suatu peran penting dalam meningkatkan motivasi bealajar siswa yang rendah yaitu salah satunya adalah guru BK. Dalam Penelitian ini peneliti bertujuan untuk menjelaskan terkait bagaimana kondisi motivasi belajar siswa?, kemudian seperti apa peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Tarbiyatul Mubtadiin?, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subyek penelitiannya adalah guru BK, wali kelas, siswa kelas IX MTs Tarbiaytul Mubtadiin, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan keajegan pengamatan dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama kondisi motivasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul Mubatdiin berbeda-beda, ada yang memiliki motivasi belajar tinggi, ada yang memiliki motivasi belajar rendah yang disebabkan oleh faktor internal atau faktor eksternal,, kedua peran guru BK di MTs Tarbiyatul Mubtadiin dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu berperan sebagai motivator, melakukan bimbingan kelompok, bekerja sama denganw ali kelas dan guru lainnya, selanjutnya yang ketiga yaitu faktor pendukung dan penghambat, untuk faktor pendukungnya yaitu adanya ruangan khusus yang disediakan oleh sekolah untuk guru BK yiatu ruangan bimbingan dan konseling, kemudia adanya kesadaran diri dari wali kelas dan guru lainnya untuk melakukan peningkatan dan perkembangan kepada dirinya dan siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya jadwal masuk kelas untuk guru BK, dan kurangnya guru BK di MTs Tarbiyatul Mubtadiin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:57
Last Modified: 26 Jun 2024 04:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5732

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item