SAYANAH, SAYANAH (2023) Kejasama Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Dalam Mengatasi Siswa Underachiever di UPTD SMP Negeri 1 Jrengik. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. SAMPUL-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (104kB) |
|
Text
2-HALAMAN PERESETUJUAN-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (26kB) |
|
Text
3-halaman pengesahan-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (257kB) |
|
Text
4-ABSTRAK-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (8kB) |
|
Text
6-DAFTAR ISI-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (87kB) |
|
Text
7-BAB I-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (236kB) |
|
Text
8-BAB II-20160701090122-SAYANAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
Text
9-BAB III-20160701090122-SAYANAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
10-BAB IV-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (313kB) |
|
Text
11-BAB V-20160701090122-SAYANAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
12-DAFTAR RUJUKAN-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (215kB) |
|
Text
13-PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-20160701090122-SAYANAH.pdf Download (107kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kerjasama, guru, Underachiever Layanan bimbingan dan konseling yang efektif tidak mungkin terlaksana dengan baik tanpa adanya kerjasama antara guru bk dengan pihak-pihak yang terkait baik di dalam maupun di luar sekolah. Dalam melaksanakan kegiatan bk, khususnya guru mata pelajaran dan wali kelas diharapkan dapat membantu guru bk mengumpulkan berbagai informasi tentang kebutuhan siswa maupun permasalahan siswa baik didalam kegiatan belajar maupun diluar kegiatan belajar. Berdasarkan hal tersebut ada 2 fokus penelitian yang menjadi pokok penelitian ini, yaitu: Pertama, Apa saja bentuk-bentuk kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran dalam mengatasi siswa underachieverdi UPTD SMP Negeri 1 Jrengik?. Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung dari kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru mata pelajaran dalam mengatasi siswa underachiever di UPTD SMP Negeri 1 Jrengik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis dengan analisis data melalui: 1.Reduksi data meliputi checking (pengecekan), editing data (pengeditan data), 2.Display data (penyajian data), 3.Penarikan kesimpulan (ferivication). Kemudian seluruh data di cek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan juga triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Bentuk-bentuk kerjasama yang ada di UPTD SMP Negeri 1 Jrengik berupa bentuk kerjasama yang dilakukan oleh guru bk dengan guru mata pelajaran yaitu koalisi atau kombinasi dimana guru mata pelajaran mendatangi wali kelas dan guru bk dengan memberikan laporan mengenai masalah siswa yang mengalami underachiever. Kedua, faktor penghambat disini terdapat berbagai pihak, yaitu: (1) Guru bk dan guru mata pelajaran yang masih mempunyai waktu jam pelajaran di dalam kelas. (2)Segi tempat yang masih kurang memadahi dalam pelaksanaan bimbingan. (3) Guru mata pelajaran yang masih menganggap setiap permasalahan siswa adalah tanggung jawab guru bk. (4) Guru mata pelajaran kurang berkontribusi dengan adanya bimbingan dan konseling. Sedangkan faktor pendukungnya berupa: (1) Kepala sekolah yang selalu mendukung dengan adanya kerjasama antara semua intra di sekolah.(2) Orang tua siswa yang ikut berpartisipasi dalam meningkatkan perkembangan dan pengetahuan siswa. (3) Absensi hari dari guru mata pelajaran yang diberikan keguru bimbingan dan konseling. (4) Guru bimbingan dan konseling mempunyai jam masuk kelas sehingga dapat memberikan bimbingan, motivasi, dan masukan bahkan mengetahui keadaan atau suasana dilama kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 05:00 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 05:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5750 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |