Budiantoro, Moh. Khotib (2023) Implementasi Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MTs Nurul Islam Karangcempaka Bluto Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381041104_Sampul.pdf Download (178kB) |
|
Text
18381041104_Halaman Persetujuan.pdf Download (122kB) |
|
Text
18381041104_Halaman Pengesahan..pdf Download (228kB) |
|
Text
18381041104_ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
18381041104_Daftar Isi.pdf Download (203kB) |
|
Text
18381041104_BAB I.pdf Download (396kB) |
|
Text
18381041104_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
18381041104_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
18381041104_BAB IV.pdf Download (404kB) |
|
Text
18381041104_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
18381041104_Daftar Rujukan.pdf Download (191kB) |
|
Text
18381041104_Keaslian Tulisan.pdf Download (200kB) |
Abstract
Kata Kunci : Supervisi Manajerial, Kedisiplinan Guru Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti yang banyak beranggapan bahwa lembaga yang jauh dari pusat kota akan kurang disiplin untuk hal kedisiplin waktu. Selain itu banyaknya masyarakat yang beranggapan bahwa kurangnya pengawasan dari pihak dinas terkait utamanya dari pihak kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi manajerial dalam hal meningkatkan kedisiplinan guru yang dilakukan oleh kepala madrasah. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yang pertama yaitu Bagaimana pelaksanaan supervisi manajerial dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTs. Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep, yang kedua yaitu bagaimana tindak lanjut hasil supervisi manajerial yang telah dilaksanakan dalam meningkatkan kedisiplinannya di MTs. Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep, dan yang ketiga yaitu bagaimana implikasi dari adanya supervisi manajerial dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTs. Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi dengan narasumber kepala madrasah, komite madrasah, guru dan siswa. Hasil penelitian di MTs Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep tentang supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru diawali dengan pemprograman yang disusun oleh kepala madrasah dibantu oleh pengawas sekolah dan komite. Kepala madrasah melakukan pengawasan dengan cara langsung terjun ke ruangan dan pengawasan tidak langsung melalui CCTV. Kegiatan supervisi dilakukan setiap semester, artinya dalam satu tahun pelajaran ada dua kali supervisi. Hasilnya dari kegiatan tersebut sangatlah berpengaruh utamanya dalam hal kedisiplinan, misalnya guru mengajar tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:39 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5757 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |