Musleh, Hilda Amelia (2023) Digitalisasi Pendidikan di Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kinerja Dosen (studi Atas Penerapan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMAT) di universitas Islam Madura),. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381042011_SAMPUL.pdf Download (35kB) |
|
Text
19381042011_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text
19381042011_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
19381042011_ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
19381042011_DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
19381042011_BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
19381042011_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
19381042011_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
19381042011_BAB IV.pdf Download (458kB) |
|
Text
19381042011_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
19381042011_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (168kB) |
|
Text
19381042011_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (179kB) |
Abstract
Kata Kunci: Digitalisasi, Kinerja Dosen. Digitalisasi pendidikan merupakan suatu penggunaan teknologi yang dijadikan sebagai aspek dalam sistem pembelajaran, dimulai dari sistem pembelajaran serta sistem administrasi. Perkembangan teknologi memberikan pengaruh besar terhadap cara pandang manusia dalam dunia pendidikan. Tentu adanya digitalisasi pendidikan dapat membantu pemerataan pendidikan secara global. Diterapkannya digitalisasi pendidikan di perguruan tinggi diharapkan dapat membantu dosen untuk meningkatkan kinerjanya. Pengelolaan digitalisasi pendidikan secara cerdas dan tepat merupakan jalan untuk dosen meningkatkan kinerjanya dengan cara yang mudah dan cepat. Kinerja dosen merupakan faktor utama dalam menjaga kualitas perguruan tinggi. Apabila kinerja dosen terjaga dengan baik maka proses pendidikan yang diperoleh akan berkualitas sebagaimana tujuan dalam perguruan tinggi. oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi yang dapat mendukung dalam peningkatan kinerja dosen. Dalam perguruan tinggi yang diteliti oleh peneliti sudah melakukan digitalisasi dalam penerapan sistem berupa Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMAT). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penerapan SIMAT dalam peningkatan kinerja dosen di UIM Pamekasan 2) mengetahui faktor pendukung dang penghambat dalam penerapan SIMAT untuk meningkatkan kinerja dosen di UIM Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui hasil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala BAAK, kabag registrasi, mahasiswa pondok dan 2 dosen. Sedangkan pengecekan keabsahan dilakukam melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMAT) di Universitas Islam Madura memberikan layanan kemudahan terhadap dosen untuk meningkatkan kinerjanya. Diantaranya:1) sistem registrasi dan penjadwalan mengajar dosen 2) monitoring perkuliahan 3) pengelolaan nilai mahasiswa 4) penanganan pendaftaran wisuda 5) dan pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS). Selain itu, juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIMAT) terhadap peningkatan kinerja dosen di Universitas Islam Madura. Faktor pendukungnya yaitu: 1) mudah diakses kapan saja dan dimaana saja 2) tersedia jaringan wifi di area kampus UIM. Faktor penghambatnya yaitu: 1) koneksi tidak stabil ketika digunakan bersamaan 2) mahasiswa pondok tidak bisa full time pegang handphone sehingga informasi dari dosen tidak cepat tersampaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:40 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:40 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5762 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |