Strategi Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu

Agustina, Diah Wulan (2023) Strategi Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_Cover_MPI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_Abstrak_MPI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_BAB I_MPI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_BAB IV_MPI.pdf

Download (612kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Diah Wulan Agustina_19381042088_Surat_Pernyataan Keaslian_MPI.pdf

Download (229kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru, Proses Pembelajaran Guru memiliki strategi terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru juga sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk meningkatkan proses pembelajaran. Guru merupakan faktor penentu dalam keberhasilan proses pembelajaran Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang tepat dalam meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan proses pembelajaran kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer ( Guru kelas 4, siswa kelas 4, Kepala sekolah) dan sumber data sekunder (dokumentasi). Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan mereduksi data, mendisplaykan data dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan secara fleksibel untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan proses pembelajaran kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu yaitu (1) Strategi yang digunakan adalah 1) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP 2) Menerapkan pembelajaran Kooperatif Learning dan menggunakan metode yang tepat dan bervariasi 3) Melakukan Praktik dalam pembelajaran 4) Menggunakan Media Pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disajikan. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan proses pembelajaran kelas 4 di SDN Prekbun Pademawu yaitu: 1) Tersedianya fasilitas (ruang kelas) yang cukup luas 2) Media pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu: 1) Faktor Siswa 2) Faktor Sarana dan Prasarana kurang memadai. Berdasarkan faktor penghambat tersebut juga memiliki solusi dalam mengatasinya yaitu: 1) Melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran dengan memberikan pertanyaan untuk memancing keaktifan siswa 2) Siswa diberikan motivasi supaya siswa percaya diri untuk mau belajar lagi dan 3) Guru harus memiliki ide atau gagasan untuk pembelajaran sehingga dengan keterbatasan sarana tidak menghambat proses pembelajaran dengan menggunakan milik pribadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:15
Last Modified: 27 Jun 2024 06:15
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5775

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item