Manajemen Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusi Di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang

Aini,, Nur (2023) Manajemen Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusi Di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nur Aini_19381042137_Cover_MPI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Halaman Persetujuan_MPI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Halaman Pengesahan_MPI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Abstrak_MPI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Bab I_MPI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Bab II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Bab III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Bab IV_MPI.pdf

Download (589kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Bab V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Daftar Rujukan_ MPI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Nur Aini_19381042137_Pernyataan Keaslian Tulisan_MPI.pdf

Download (201kB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen sekolah, Pendidikan Inklusi. Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang dimana orang tua dari anak berkebutuhan khusus memasukkan anaknya ke sekolah umum bersama dengan anak-anak yang nomal lainnya. Pendidikan inklusi tidak hanya berlaku bagi anak berkebutuhan khusus, melainkan anak berkebutuhan khusus yang belajar bersama dengan anak yang normal lainnya disekolah regular atau sekolah umum. Pendidikan inklusi didalam kelas regular terdapat anak berkebutuhan khusus yang belajar bersama dengan anak yang normal akan tetapi kemampuan anak berkebutuhan khusus dengan anak yang normal berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui perencanaan implementasi pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang, 2). Mengetahui pelaksanaan pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang, 3). Mengetahui sistem evaluasi pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan kondensasi kemudian mendisplaykan data atau menyajikan data dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan secara flaksibel untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan implementasi pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung Sekar 2 Sampang yaitu untuk anak berkebutuhan khusus pada awal masuk harus ada rujukan baik dari psikolog maupun dokter agar sekolah mengetahui anak berkebutuhan khusus tersebut mengalami hambatan sapa. Selain itu, pelaksanaan pendidikan inklusi di UPTDSDN Gunung Sekar 2 Sampang pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus ada dua metode. Anak yang berkebutuhan khusus secara terjadwal masung ke kelas regular belajar bersama dengan anak yang normal dan anak berkebutuhan khusus secara terjadwal masuk ke ruang assessment atau ruang sumber yang ditangani langsung oleh guru pembimbing khusus. Untuk sistem evalusi pendidikan inklusi di UPTD SDN Gunung sekar 2 Sampang untuk soal bagi anak yang berkebutuhan khusus tentunya berbeda dengan soal anak yang normal karena kemampuan anak berkebutuhan khusus dengan anak yang normal tentunya berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:18
Last Modified: 27 Jun 2024 06:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5778

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item