Bahri, Syaiful (2023) Manajemen Konflik Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Suasana Kondusif Belajar Siswa di SMPN 2 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20170701041180_SAMPUL.pdf Download (51kB) |
|
Text
20170701041180_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (256kB) |
|
Text
20170701041180_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (168kB) |
|
Text
20170701041180_ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
20170701041180_DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) |
|
Text
20170701041180_BAB I.pdf Download (144kB) |
|
Text
20170701041180_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
20170701041180_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
20170701041180_BAB IV.pdf Download (671kB) |
|
Text
20170701041180_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
20170701041180_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
20170701041180_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (171kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Konflik Berbasis Sekolah, Kondusif Belajar Penelitian ini membahas tentang Manajemen konflik berbasis sekolah dalam meningkatkan suasana kondusif belajar siswa di SMPN 2 Larangan Pamekasan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi manajemen konflik berbasis sekolah di SMPN 2 Larangan dan korelasinya dalam mewujudkan resolusi konflik sehingga tercipta lingkungan belajar yabg kondusif, aman dan nyaman. Berdasarkan hal tersebut, Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapan manajemen konflik berbasis sekolah dalam meningkatkan suasana kondusif belajar siswa di SMPN II Larangan Pamekasan. Kedua, apa saja faktor penghambat dalam implementasin manajemen konflik berbasis sekolah dalam meningkatkan suasana kondusif belajar siswa di SMPN II Larangan Pamekasan. Ketiga, bagaimana solusi faktor penghambat penerapan manajemen konflik berbasis sekolah dalam meningkatkan suasana kondusif belajar siswa di SMPN II Larangan Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, dalam mensosialisasikan manajemen konflik berbasis sekolah guru bimbingan konseling di mandatkan kepala sekolah dalam pengimplementasiannya, melaksanakan mediasi sejawat dalam proses penyelesaian konflik yang dihadapi oleh siswa, serta melibatkan orang tua wali siswa dalam menerapkan resolusi konflik. Kedua, Kurangnya pemahaman terhadap penerapan manajemen konflik berbasis sekolah dan kurangnya controlling terhadap peserta didik dalam penggunaan gadget atau media digital. Minimnya partisipasi dari orang tua terhadap manajemen konflik berbasis sekolah sekaligus kurangnya motivasi terhadap siswa untuk berani menyampaikan argumentasi Ketika peer mediation. Ketiga, kepala sekolah mengadakan pelatihan atau membuat forum dari beberapa elemen tentang manajemen konflik berbasis sekolah. Melakukaan koordinasi kepada orang tua untuk melakukan controlling terhadap anaknya dalam penggunaan gadged sekaligus guru melakukan analisis terhadap pola kehidupan maupun masyarakat agar mudah melakukan pendekatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 06:18 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 06:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5786 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |