Sholehah, Afiatus (2023) Implementasi Visi Sekolah Dalam Membina Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
AFIATUS SHLEHAH_19381042026_SAMPUL_MPI.pdf Download (96kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (75kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf Download (161kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (58kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_BAB I_MPI A.pdf Download (98kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_BAB II_MPI A .pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_BAB III_MPI A .pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_BAB IV_MPI A .pdf Download (1MB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_BAB V_MPI A .pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (82kB) |
|
Text
AFIATUS SHOLEHAH_19381042026_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf Download (58kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Visi, karakter. Visi sekolah merupakan suatu proses yang menggambarkan serangkaian kegiatan perencanaan dan penetapan sasaran suatu organisasi secara formal. Salah satu upaya untuk membina karakter siswa yaitu dengan implementasi visi sekolah yang harus dilakukan secara maksimal, agar mempunyai fungsi efektif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi visi sekolah dalam membina karakter siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan, 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi visi sekolah dalam membina karakter siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan mmereduksi data kemudian mendisplaykan data dalam bentuk uraian singkat dan penarikn kesimpulan secara fleksibel untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membina karakter siswa melalui visi sekolah di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan mempunyai beberapa implementasi yaitu: 1) kegiatan belajar mengajar, 2) kegiatan ekstrakurikuler pramuka, 3) kegiatan ekstrakurikuler pengajian, 4) kegiatan ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an, 5) kegiatan ekstrakurikuler kitab kuning, 6) kegiatan organisasi siswa intra sekolah. Selain itu, juga tedapat faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi visi sekolah untuk membina karakter siswa di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan yaitu: 1) sarana dan prasarana yang memadai, 2) lingkungan keluarga, 3) memberi penghargaan bagi siswa yang berprestasi. Faktor penghambatnya yaitu: 1) salah pergaulan, 2) media elektronik. Berdasarkan faktor penghambat tersebut juga memiliki solusi dalam mengatasinya, diantaranya yaitu: melakukan kordinasi dengan orang tua siswa yang bermasalah, memberikan skor kepada siswa yang bermasalah agar tidak mengulangi kesalahan kembali
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5817 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |