Moh, Nasir (2020) Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Pembealjaran Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu AlHidayah Sumenep, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a)Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Cover_PAI.pdf Download (37kB) |
|
Text
b) Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Persetujuan pembimbing_PAI.pdf Download (141kB) |
|
Text
c) Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Pengesahan penguji_PAI.pdf Download (235kB) |
|
Text
d) Moh. Nasir_2017271096_Abstrak_PAI.pdf.pdf Download (14kB) |
|
Text
e) Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Daftar isi_PAI.pdf Download (15kB) |
|
Text
f) Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Bab I_PAI.pdf Download (56kB) |
|
Text
g) Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Bab II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
h)Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Bab III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
i)Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Bab IV_PAI.pdf Download (95kB) |
|
Text
j)Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Bab V_PAI.pdf Download (37kB) |
|
Text
k)Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Bab VI_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
L)Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (22kB) |
|
Text
m)Microsoft Word - Moh. Nasir_2017271096_Pernyataan keaslian_PAI.pdf Download (189kB) |
Abstract
Kata kunci: supervisi klinis, mutu pembelajaran Al-Qur’an Pembelajaran adalah proses penyampaian materi kepada para peserta didik yang dilakukan oleh sorang guru. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas maka dibutuhkan kegiatan supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru mata pelajaran. Dengan adanya kegiatan supervisi diharapkan proses pembelajaran dikelas menjadi menarik dan dapat mencapai apa yang diinginkan oleh sekolah. Itulah yang menarik perhatian peneliti untuk mengkaji lebih intens terhadap kegiatan supervisi di kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimana pelaksanaan supervisi klinis di SMP IT Al-Hidayah, 2) bagaimana mutu pembelajaran Al-Qur’an setelah diterapakan supervisi klinis di SMP IT Al-Hidayah, dan 3) apa saja faktor pendukung dan Penghambat pelak pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur’an di SMP IT Al-Hidayah. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif diskriptif. yaitu peneliti mendeskripsikan data-data yang telah peneliti temukan ketika peneliti melaksanakan proses penelitian. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah dan koordinator Al-Qur’an dilaksanakan dua kali dalam setahun pada kelas VII dan Kelas VIII dan dalam pelaksanaannya melalui tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaskanaan, dan evaluasi. Sedangkan mutu pembelajaran Al-Qur’an mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya kegiatan supervisi klinis oleh kepala sekolah dan koodinator Al-Qur’an. Adapun faktor pendukung dari pelaksanaan kegiatan supervisi klinis adalah kekompokan seluruh staf, guru, kepala sekolah dan sarana dan prasarana yang mencukupi. Sedangkan faktor penghambat pada pelaksanaan kegiatan supervisi klinis adalah faktor pribadi dari seorang guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 00:53 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/582 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |