Alfiyani, Qin’atul (2023) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Manajemen Konflik Intrapersonal Siswa Di SMPN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Alfiyani_19381042077_SAMPUL_MPI.pdf Download (110kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_Halaman Persetujuan_MPI.pdf Download (76kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_Halaman Pengesahan_MPI.pdf Download (120kB) |
|
Text
Qin'atul Alfiyani_19381042077_ABSTRAK_MPI.pdf Download (62kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_Daftar Isi_MPI.pdf Download (31kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_BAB I_MPI.pdf Download (227kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_BAB IV_MPI.pdf Download (174kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
Alfiyani_19381042077_Daftar Rujukan_MPI.pdf Download (92kB) |
|
Text
Qin'atul Alfiyani_19381042077_Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (174kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Manajemen Konflik Intrapersonal Siswa Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomen yang ditemui di SMPN 5 Pamekasan mengenai penanganan konflik intrapersonal siswa. Pertama, Bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam manajemen konflik intrapersonal siswa di SMPN 5 Pamekasan? Kedua, Apa saja faktor penyebab siswa mengalami konflik intrapersonal di SMPN 5 Pamekasan? Ketiga, Apa saja hambatan-hambatan guru bimbingan konseling dalam menangani konflik intrapersonal siswa di SMPN 5 Pamekasan? Keempat, Bagaimana mengatasi hambatanhambatan guru bimbingan konseling dalam menangani konflik intrapersonal siswa di SMPN 5 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif ini melalui dari pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Pamekasan. Yang menjadi narasumber pada penelitian ini yaitu guru bimbingan konseling dan siswa yang berkonflik dimana guru bimbingan konseling dan siswa sebagai informan dalam memperoleh data dan penarikan kesimpulan. Tahapan-tahapan penelitian ini adalah Pralapangan penelitian dan laporan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, peran guru bimbingan konseling yaitu dengan dilakukannya konseling individu dan memberikan layanan informasi. Kedua, faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa mengalami konflik intrapersonal yaitu dari faktor keluarga dan faktor ekonomi rendah. Ketiga, hambatan-hambatan yang dirasakan guru bimbingan konseling selama menangani konflik siswa yaitu dari siswanya yang kurang terbuka, kurang kerjasama dengan orang tua, kurangnya guru bimbingan konseling yang membuat guru bimbingan konseling kewalahan menangani banyaknya siswa. Keempat, cara mengatasi hambatan-hambatan guru bimbingan konseling selama menangani konflik siswa yaitu membangun kepercayaan kepada siswa ketika siswa tersebut tertutup, Memberikan pengertian terhadap orang tua siswa secara baik-baik dan tentu saja kalau permasalahannya berat dibawa ke kepala sekolah untuk mencari jalan tengah atau solusi terbaik bagaimana enaknya ketika menghadapi orang tua siswa yang tidak paham atau kurang kerjasama, Mencari-cari waktu yang tepat untuk melakukan pertemuan dengan siswa ketika masalah waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5829 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |