Hakiki, Muflihatun (2023) Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa di SMAN 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Muflihatun Hakkiki_20381092032_SAMPUL_BKPI.pdf Download (53kB) |
|
Text
Muflihatun Hakkiki_20381092032_PERSETUJUAN PEMBIMBNG_BKPI.pdf Download (223kB) |
|
Text
Muflihatun Hakkiki_20381092032_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf Download (118kB) |
|
Text
Muflihatun Hakkiki_20381092032_ABSTRAK_BKPI.pdf Download (84kB) |
|
Text
Muflihatun Hakkiki_20381092032_DAFTAR ISI_BKPI.pdf Download (31kB) |
|
Text
Muflihatun Hakiki_20381092032_BAB I_BKPI.pdf Download (277kB) |
|
Text
Muflihatun Hakiki_20381092032_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
Muflihatun Hakiki_20381092032_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
Muflihatun Hakiki_20381092032-BAB IV_BKPI.pdf Download (283kB) |
|
Text
Muflihatun Hakiki_20381092032_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
Muflihatun Hakkiki_20381092032_DAFTAR RUJUKAN_BKPI.pdf Download (96kB) |
|
Text
Muflihatun Hakkiki_20381092032_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf Download (307kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Rasa Percaya Diri Anak Percaya diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya. Hal ini bukan berarti bahwa individu tersebut mampu dan kompeten melakukan segala sesuatu seorang diri, alias “sakti”. Adapun Pola asuh merupakan perilaku atau sikap orang tua terhadap anaknya. Sikap ini bisa bagaimana orang tua memberikan nasehat terhadap anaknya, memberikan hukuman kepada anaknya, dan bagaimana orang tua saling berdiskusi dengan anaknya. Adapun tujuan penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui gambaran rasa percaya diri siswa SMAN 4 Pamekasan. Kedua yaitu untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa SMAN 4 Pamekasan. Yang ketiga yaitu untuk mendeskripsikan dampak pola asuh terhadap rasa percaya diri siswa SMAN 4 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dari beberapa informan seperti Guru BK, orang tua siswa SMAN 4 Pamekasan, dan juga siswa. Sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan pengamatan melalui triangulasi. Hasil penelitian pertama yaitu Gambaran rasa percaya diri siswa dan siswi di sekolah SMAN 4 Pamekasan yaitu: yang pertama Siswa dan siswi sekolah SMAN 4 Pamekasan sebagian memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan sebagian memiliki rasa percaya diri yang rendah. Yang kedua Rasa percaya diri siswa di sekolah SMAN 4 Pamekasan harus sellau diberikan pemupukan baik dari orang tua maupun dari guru. Yang ketiga Rasa percaya diri siswa SMAN 4 Pamekasan terbentuk melalui beberapa proses, dan yang terakhir Terdapat beberapa hal yang harus dikembangkan untuk membangun rasa percaya diri siswa di sekolah SMAN 4 Pamekasan. Pola asuh yang diberikan oleh orang tua siswa dan siswi di sekolah SMAN 4 Pamekasan yaitu ada tiga. Pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis. Dampak pola asuh orang tua terhadap rasa percaya diri siswa di sekolah SMAN 4 Pamekasan yaitu: Anak semakin percaya diri, anak akan semakin aktif disekolah, anak akan jauh dari rasa malu, anak akan lebih cenderung mengeksplor kelebihan yang dia punya didepan teman-temannya. Pola asuh yang baik akan membrikan rasa percaya diri yang baik bagi siswa SMAN 4 Pamekasan begitu pula sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:22 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5832 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |