Syah, Zaiki Arfian (2023) Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Kontrol Diri Siswa di SMA Negeri 1 Pakong Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_COVER_BKPI.pdf Download (229kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_ LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_BKPI.pdf Download (40kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_LEMBAR_PENGESAHAN_BKPI.pdf Download (76kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_ABSTRAK_BKPI.pdf Download (148kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_DAFTAR_ISI_BKPI.pdf Download (190kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_BAB I_BKPI.pdf Download (641kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_BAB IV_BKPI.pdf Download (715kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_DAFTAR_PUSTAKA_BKPI.pdf Download (414kB) |
|
Text
ZAIKI ARFIAN SYAH_19381091106_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_BKPI.pdf Download (68kB) |
Abstract
Kata Kunci : Game Online Mobile Legends, Kontrol Diri, Siswa. Penelitian ini fokus terhadap tiga permasalahan, yaitu: pertama bagaimana gambaran kontrol diri siswa yang bermain game online Mobile Legends di SMA Negeri 1 Pakong, kedua apa faktor yang dapat menyebabkan kecanduan game online pada siswa di SMA Negeri 1 Pakong, ketiga bagaimana dampak game online mobile legends terhadap kontrol diri siswa di SMA Negeri 1 Pakong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, wali kelas, dan guru BK di SMA Negeri 1 Pakong. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data kemudian menganalisis data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, gambaran kontrol diri siswa kelas X IPS yang bermain game online Mobile Legends di SMA Negeri 1 Pakong masih rendah sebab belum bisa memenuhi 2 aspek kontrol diri yakni, behavioral control dan restrospective control Sedangkan 3 aspek lainnya yakni cognitive control, decision control, dan informational control masih dapat dipenuhi.. Kedua, faktor yang dapat menyebabkan kecanduan game online pada siswa di SMA Negeri 1 Pakong dapat dibedakan menjadi dua, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dapat peneliti temukan diantaranya adalah keinginan untuk mencapai target, rasa jenuh atau bosan, dan kurangnya kemampuan mengontrol diri. Sedangkan faktor eksternal yang dapat peneliti temukan diantaranya adalah lingkungan serta hubungan sosial. Ketiga, dampak game online Mobile Legends terhadap kontrol diri siswa di SMA Negeri 1 Pakong dapat dibedakan menjadi dua, yakni dampak negatif dan dampak positif. Dampak negatif yang peneliti temukan diantaranya siswa tidak memiliki kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang tepat dan bijak, siswa terisolasi dari sosial atau lingkungan sekitar, siswa tidak memiliki kemampuan analisa dan penalaran yang baik, serta mengalami penurunan prestasi akademik. Sedangkan dampak positif yang peneliti temukan adalah siswa memiliki kerjasama tim yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5856 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |