Pengembangan Kemampuan Menghafal Kitab Melalui Metode Lalaran Di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan

Qomaruddin, Qomaruddin (2023) Pengembangan Kemampuan Menghafal Kitab Melalui Metode Lalaran Di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
18381011148_SAMPUL.pdf

Download (216kB)
[img] Text
18381011148_HALAMAN_PERSETUJUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
18381011148_HALAMAN_PENGESAHAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
18381011148_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
18381011148_DAFTAR_ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
18381011148_BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
18381011148_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
18381011148_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
18381011148_BAB IV.pdf

Download (654kB)
[img] Text
18381011148_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
18381011148_DAFTAR_RUJUKAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
18381011148_SURAT_KEASLIAN_TULISAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Menghafal, Metode Lalaran. Pendidikan Islam tidak hanya mendorong santri untuk memahami subtansi dari bacaan yang mereka pelajari, melainkan pemahaman tersebut harus juga di akuratkan dengan teks bacaan lainnya yang terkadang memiliki perbedaan secara lafadz bahkan bisa juga pemahamannya. Metode Hafalan sangat membantu pendidikan Islam dalam menjaga mata rantai pengetahuan hingga masa yang akan datang, namun dengan menghafal saja tidak cukup karena akan menyebabkan sebagian bahkan bisa semua yang dihafalkan akan dilupakan. Lalaran adalah metode untuk mengingat pelajaran yang di hafalkan baik yang berbentuk nadzom atau yang lainnya dengan cara mengulang bacaan atau hafalannya secara mandiri atau berkelompok pada saat menghafal atau pasca hafalan. Dalam penelitian ini memiliki dua fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, Bagaimana Pengembangan Kemampuan Menghafal Kitab Melalui Metode Lalaran di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Kedua, Apa Saja faktor Pendukung dan Penghambat keberhasilan Pengembangan Kemampuan Menghafal Kitab Melalui Metode Lalaran Di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah Ustadz Pondok Pesantren Hidayatun Najah, Pengurus Pesantren, dan Santri Pondok Pesantren Hidayatun Najah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Pengembangan kemampuan menghafal santri terhadap kitab melalui metode lalaran di pondok pesantren Hidayatun Najah di lakukan dengan dua bentuk, yaitu penerapan metode lalaran dalam program dan mandiri. Penerapan dalam program adalah menjadikan lalaran sebagai program dan menerapkan metode lalaran dalam pembelajaran serta setoran hafalan. Penerapan Mandiri adalah santri menerapkan metode lalaran pada saat menghafal secara mandiri. Kedua, Faktor pendukung pengembangan kemampuan menghafal santri terhadap kitab melalui metode lalaran di pondok pesantren Hidayatun Najah yaitu faktor program dan faktor pembelajaran. Dengan adanya program lalaran dan program lainnya tersebut maka mendorong akan terlaksananya penerapan metode lalaran. Kemudian faktor penghambatnya ialah penempatan program lalaran di dalam masjid yang membuat santri tidak bebas menggunakan alat musik, serta hafalan kitab Al-Fiyah dan AlImrithy yang tidak di dukung dengan adanya pembelajaran kedua materi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:21
Last Modified: 11 Jul 2024 01:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5862

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item