Sulalah, Anis (2022) penerapan Pendidikan Agama IslamPada Anak Keluarga Nelayan Di Desa Tlesah,Tlanakan,Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381012034_SAMPUL.pdf Download (120kB) |
|
Text
18381012034_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
18381012034_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
18381012034_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
18381012034_DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
18381012034_BABI.pdf Download (241kB) |
|
Text
18381012034_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
18381012034_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
Text
18381012034_BABIV.pdf Download (556kB) |
|
Text
18381012034_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
18381012034_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (214kB) |
|
Text
18381012034_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (93kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan, Pendidikan Agama Islam, Anak akeluargaNelayan. Penerapan Pendidikan Agama Islam adalah menerapkan materi yang materi bimbingan dan ajarannya tentang agama yang ditujukan agar manusia memercayai dengan sepenuh hati akan adanya Allah.Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana strategi penerapan pendidikan agama islam pada anak keluarga nelayan di Desa Tlesah,Tlanakan,Pamekasan?, kedua Apa faktok pendukung penerapan pendidikan agama islam pada anak keluarga nelayan di Desa Tlesah Tlanakan Pamekasan?, ketiga Apa faktok penghambat pendidikan agama islam pada anak keluarga nelayan di Desa Tlesah Tlanakan Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dikarenakan data yang diambil berupa kata-kata bukan angka. Sumber data yang yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah penanggung jawab 2 bapak dari anak nelayan, guru ngaji, dan anak nelayan?. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama Penerapan keluarga nelayan dalam pendidikan anak yaitu sebagai landasan untuk pendidikan agama islam serta pandangan hidup beragama. Para pendidik terutama orang tuanya memiliki tanggung jawab besar untuk mendidik anak mereka agar anak mereka menjadi baik, tertanam nilai kebaikan dan moral serta bisa bermanfaat untuk orang lain.Kedua, faktor penghambat penerapan pendidikan agama islam pada anak keluarga nelayan di desa Tlesah, Tlanakan, pamekasan Jadi ada banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi menghambat pendidikan Agama Islam pada anak. Dimulai dari faktor ekonomi, faktor keluarga, faktor lingkungan,faktor media sosial,faktor minat kesemuanya itu dibutuhkan peran penting dari orang tua untuk mengawasi dan mengontrol anakanak mereka agar pendidikan anak bisa terealisasikan dan anak-anak mereka menjadi anak yang beragama islam dengan baik. Ketiga, Bagi civitas Akademik IAIN Madura khususnya dosen dan para mahasiswa jurusan tarbiyah, temuan hasil penelitian ini bisa menjadikan sebagai informasi tentang Penerapan pendidikan Agama Islam Pada Anak Keluarga Nelayan Di Desa Tlesah Tlanakan Pmekasan sehingga bisa membantu memberikan pemahaman terhadap para mahasiswa dalam kehidupan sehari- hari serta untuk di pertimbangakan lagi di penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5863 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |