Homaidi, Ahmad (2023) Implementasi Madrasah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Sikap Keagamaan Dan Motivasi Belajar Siswa di MTsN 2 Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381011006 Halaman sampul.pdf Download (73kB) |
|
Text
halaman persetujuan.pdf Download (59kB) |
|
Text
19381011006 halaman pengesahan.pdf Download (152kB) |
|
Text
19381011006 ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
19381011006 DAFTAR IS1.pdf Download (373kB) |
|
Text
19381011006 BAB I.pdf Download (522kB) |
|
Text
19381011006 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
|
Text
19381011006 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text
19381011006 BAB IV.pdf Download (395kB) |
|
Text
19381011006 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
19381011006 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (403kB) |
|
Text
19381011006 keaslian tulisan.pdf Download (159kB) |
Abstract
Kata Kunci: Madrasah Ramah Anak, Sikap Keagamaan, Motivasi Belajar. Madrasah ramah Anak merupakan program Lembaga MTsN 2 Sumenep dalam rangka memberikan kenyamanan pada siswa saat melakukan pembelajaran. Aturan ini diberlakukan kepada semua guru untuk tidak melakukan tindak deskriminasi kepada siswa dalam bentuk apapun. Keberadaan program ramah anak ini merupakan usaha dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap peserta didik, maka dengan program ini Lembaga pendidikan khususnya di MTsN 2 Sumenep berharap supaya tidak ada lagi tindak deskriminasi dalam pendidikan dan juga diharapkan akan menghapus persepsi masyarakat terhadap tindakan kekerasan dalam sebuah sekolah. Disisi lain dengan adanya program ramah anak dapat memberikan dan menciptakan motivasi bagi siswa untuk semangat belajar khususnya dalam bidang keagamaan. Kemudian dalam penelitian ini juga mempunyai dua fokus penelitian, yaitu: Pertama, Bagaimana implementsi madrasah ramah anak dalam meningkatkan sikap keagamaan dan motivasi belajar siswa di MTsN 2 Sumenep. Kedua, Apa saja manfaat implementsi madrasah ramah anak dalam meningkatkan sikap keagamaan dan motivasi belajar siswa di MTsN 2 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah, ketua pelaksanan program ramah anak dan siswa. Hasil dari penelitian ini Penerapan program ramah anak di MTsN 2 Sumenep yaitu pihak sekolah memberikan aturan tidak ada deskriminasi terhadap siswa yang melanggar tata tertib sekolah kemudian bagi siswa yang melanggar aturan hanya diberi sangksi seperti berdiri didepan kelas dan membersihkan sampah dilingkungan sekolah dan bagi siswa yang melakukan pelanggaran berat diberikan surat panggilan orang tua. Adapun Manfaat sistem ramah anak siswa dapat merasakan kenyamana saat mengikuti pembelajaran dan saat berada dilingkungan sekolah. Lembaga mampu mengurangi persepsi masyarakat tentang kekerasan atau deskriminasi lainnya dalam lingkungan sekolah dan Mampu menumbuhkan rasa keagamaan dalam diri siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5865 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |