subli, Ach. (2023) Pelaksanaan Haflah Imtihan Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Rumpun Pendidikan Agama Islam Anak Di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (216kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (44kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (72kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
BAB IV PAPARAN DATA, TEMUAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (466kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (79kB) |
Abstract
Kata Kunci: Haflah Imtiahan, Motivasi belajar. Pendidikan Agama Islam bagi anak merupakan sarana dalam menyiapkan peserta didik untuk memahami, mengenal, bertakwa, dan mengimani ajaran agama islam dari sumber utamanya yaitu Al-qur`an dan hadist, melalui kegiatan pembelajaran dan bimbingan. Salah satu faktor pendukung untuk menentukan keefektifan dalam proses belajar mengajar yaitu motivasi belajar. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama anak yaitu melalui pelaksanaan haflah imtihan. Salah satu sekolah yang melaksanakan haflah imtihan dalam peningkatan motivasi belajar pendidikan agama islam anak adalah MI Miftahul Ulum Bajur Pamekasan. Tujuan dalam penelitian ini Pertama; Untuk mengetahui pelaksanaan Haflah Imtihan pada peningkatan motivasi belajar rumpun pendidikan agama islam anak di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan; kedua Untuk mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan haflah imtihan pada peningkatan motivasi belajar rumpun pendidikan agama islam anak di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan; ketiga Untuk mengetahui dampak pelaksanaan Haflah Imtihan pada peningkatan motivasi belajar rumpun pendidikan agama islam anak di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat atau wali murid di MI Miftahul Ulum. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama; Pelaksanaan haflah imtihan dalam peningkatan motivasi belajar pendidkan agama islam anak di MI Miftahul Ulum merupakan program tahunan yang diadakan setelah hari raya Idul fitrih. Haflah imtihan ini berlangsung selama 7 hari yang diisi dengan lomba ilmiah dan jasmani/olahraga, pawai akbar, pemberian hadiah sekaligus pengajian akbar. Kedua; Faktor pendukung dalam pelaksanaan haflah imtihan pada peningkatan motivasi belajar pendidikan agama islam anak di MI Miftahul Ulum Bajur Pamekasan yaitu: Guru, Siswa, Masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pendanaan. Ketiga; Dampak dilaksanakannya haflah imtihan di MI Miftahul ulum pada peningkatan motivasi belajar pendidikan agama islam anak diantaranaya yaitu: Anak semakin termotivasi dan semangat dalam belajar, berkarya, dan berkompetisi, Anak lebih rajin dalam belajar dan mengerjakan tugas, Anak lebih disiplin waktu, Anak lebih kreatif dan semakin aktif dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas, Anak lebih percaya diri dan mental anak semakin kuat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:19 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5887 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |