Muatan Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Serta Relevansinya Dengan Kurikulum Merdeka

Albustomi, Yazid (2024) Muatan Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Serta Relevansinya Dengan Kurikulum Merdeka. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
22380011024_SAMPUL.pdf

Download (315kB)
[img] Text
22380011024_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
22380011024_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
22380011024_KATA PENGANTAR.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (36kB)
[img] Text
22380011024_DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
22380011024_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (714kB)
[img] Text
22380011024_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
22380011024_BAB III HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
22380011024_BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (690kB)
[img] Text
22380011024_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
22380011024_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
22380011024_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (460kB)
[img] Text
22380011024_LAMPIRAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text
22380011024_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (195kB)

Abstract

Kata kunci : moderasi beragama, buku ajarPAI dan budi pekerti, kurikulum merdeka. Moderasi beragama adalah sikapwajibdalam menghadapikehidupandengan segalakeberagaman yang ada. Materi Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekertidiharapkandapat menjadi sumberdan bekal pesertadidik agar memiliki sikap moderasi beragama.Belakangan ini ditemukan muatan negatif dalam buku ajarSMA di Jombang dan Bandung yang membahas“orang yang menyembah tuhan selain Allah SWT pantas dibunuh& termasuk kafir". Pembahasan tersebut sangat bertolak belakang denganisi kandungan al-Qur’an yang menyatakan tidak adanya paksaan dalam beragama. Buku ajar seharusnya menjadisaranapembentukan kepribadian pesertadidik yang mendukungpembentukan sikapmoderasi. Sejak adanya kurikulum merdeka, pemerintah mengupayakan materi pelajaran harus memuat materimoderasi beragama dengan harapan dapat menumbuhkan rasa toleransi pada pesertadidik sehingga bisa terhindar dari paparan radikalisme, terorisme dan liberalisme serta menjadi pelajar muslim yang rahmatan lil ālamīn, moderat, berkarakter profil pelajar Pancasila. Tujuandaripenelitian ini adalah (1) Mengetahuinilai moderasi beragama yang termuat dalam buku ajar PAIdan Budi PekertiKelasXI SMA (2) Mendeskripsikanrelevansi nilai moderasi beragamadalam buku ajarPAIdan Budi Pekerti KelasXI SMA dengankurikulummerdeka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiankepustakaan(libraryresearch). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik dokumentasi berupa buku, karya ilmiah yang berkaitan dengan topik penelitian dan menganalisis datanya dengan menggunakan content analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI disajikan secara langsung (eksplisit), maupun secara tidak langsung (implisit). Nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dari kelas XI yaitu al-la ‘unf (anti kekerasan), tasāmuḥ(toleransi), qudwah (kepeloporan/keteladanan), tawassuṭ (tengah-tengah), i’tidāl (adil, lurus dan bersikap proporsional), tawāzun (berkeseimbangan), syūrā(musyawarah), awlāwiyah (mendahulukan prioritas) dan muwāṭanah (cinta tanah air). (2) Relevansinya dengan kurikulum merdeka yaitu 1) Nilai tersebut relevan dengan CP kurikulum merdeka fase F yang secara keseluruhan sudah mengandung nilai moderasi beragama. 2) Nilai tersebut juga relevan dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan tema Bhinneka Tunggal Ika padaP5 kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:41
Last Modified: 20 Jun 2024 02:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5891

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item