Firdauziyah, Alvi Kamila (2023) Aktualisasi Pendidikan Ubudiyah Terhadap Anak Usia Dini di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Musthofa Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_Cover_PAI.pdf Download (101kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_Lembar Peretujuan_PAI.pdf Download (104kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (201kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_Abstrak_PAI - Salin.pdf Download (190kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_Daftar Isi_PAI.pdf Download (111kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_BAB I_PAI.pdf Download (536kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_BAB IV_PAI.pdf Download (648kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_Daftar Putaka_PAI.pdf Download (122kB) |
|
Text
Alvi Kamila Firdauziyah_19381012002_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf Download (205kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pendidikan Ubudiyah, Anak Usia Dini, Taman Pendidikan AlQur’an Pendidikan merupakan penyaluran ilmu dari tenaga pendidik pada peserta didik. Dengan demikian pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan ataupun penelitian. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yakni: pertama, Apa saja metode yang digunakan dalam mengajarkan pendidikan ubudiyah pada Anak Usia Dini di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Musthofa Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan?. Kedua, Bagaimana dampak metode yang digunakan dalam pendidikan ubudiyah terhadap anak usia dini di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Musthofa Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui pengamatan atau observasi secara langsung, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi (praktik). Ketiga metode ini digunakan hampir semua dalam menyampaikan materi karena ketiga metode ini diyakini merupakan metode yang efektif dalam pendidikan ubudiyah bagi anak usia dini. Kedua, Dampak yang terjadi dari tiga metode yang digunakan pada anak didik di TPQ Al-Musthofa Desa Polagan yakni memiliki dampak positif. beberapa anak mampu mengikuti pelajaran dengan baik dan mengalami peningkatan. Keberhasilan dari ketiga metde tersebut, anak didik semakin rajin melaksanakan ibadah seperti sholat dan membaca Al-Qur’an tidak hanya di TPQ tetapi juga diterapkan di kehidupan sehari-hari. Diharapkan dari hasil penelitian ini, semua pihak yang terkait dalam aktualisasi pendidikan ubudiyah di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) AlMusthofa dapat memperoleh manfaat dan dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dengan hukum tajwidnya serta istiqomah dalam melaksanakan ibadah sholat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:17 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5896 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |