Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Surat Al-Kausar Dengan Mengunakan Ganze Method Kelas III SDN Bugih VII Pamekasan

Romadhoni, Alvi (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Surat Al-Kausar Dengan Mengunakan Ganze Method Kelas III SDN Bugih VII Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_Sampul.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_persetujuan Pembimbing .pdf

Download (101kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_Halaman Pengesahan.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_ Absrak - Copy.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_ Daftar Isi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Alvi Romadhoni_20381012075_Keaslian Tulisan.pdf

Download (171kB)

Abstract

Kata Kunci:kemampuan Membaca dan Menulis Surat Al-Kausar, Ganze Method. Dalam sebuah pembelajaran seorang guru perlu cermat dan teliti dalam memilih serta menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam proses mengajar. Pada pembelajaran Al-Qur’an sebagaian besar anak kelas III SDN Bugih VII Pamekasan mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis surat Al-Kausar. Oleh karena itu, solusi untuk mengatasi masalah ini dalam meningkatkan hasil belajar mereka adalah dalam meningkatkan hasil belajar mereka adalah dengan memilih pendekatan alternatif melalui penerapan ganze method. Berdasarkan hal tersebut, maka ada satu permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian: yaitu apakah dengan menggunakan ganze method dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis surat Al-Kausar kelas III SDN Bugih VII Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Bugih VII Pamekasan yang berjumlah 16 orang. Dalam penelitian ini peneliti dan guru PAI melakukan kolaborasi/kerjasama untuk menentukan kriteria keberhasilan yang digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini dimulai dari pemberian tes awal terhadap 16 siswa, diketahui bahwa 18,75% (3 orang) berhasil mencapai ketuntasan, 81,85% (13 orang) tidak mencapai ketuntasan, dengan rata-rata 67,1%. Persentase kemampuan menulis siswa adalah 25% (4 orang) sedangkan persentase yang tidak tuntas 75% (12 orang) dengan rata-rata 68%. sedangkan hasil tes kemampuan membaca dan menulis surat al-kausar pada siklus I menunjukkan bahwa 31,25% siswa (5orang) berhasil mencapai ketuntasan, sedangkan 68,75% siswa (11 orang) tidak mencapai ketuntasan, dengan rata-rata 70,3%. Presentase kemampuan siswa menulis surat al-kausar adalah 43,75% (7 orang) sedangkan presentase yang tidak tuntas 56,25% (9 orang) dengan rata-rata 72,5%. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca dan menulis surat alkausar pada siklus II, presentase ketuntasan kemampuan membaca siswa adalah 87,5% (14 orang), sedangkan 12,5% (2 orang) tidak mencapai ketuntasan, dengan rata-rata 90%. Presentase kemampuan siswa dalam menulis surat Al-Kausar mencapai 87,5% (14 orang), sementara 12,5% siswa (2 orang) tidak mencapai ketuntasan, dengan rata-rata mencapai 90,5%. Maka, upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an dengan menggunakan Ganze Method berhasil dibuktikan dengan peningkatan persentase hasil tes kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an dengan menggunakan Ganze Method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:17
Last Modified: 11 Jul 2024 01:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5898

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item