Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid Kelas 5 di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Yulianto, Ari (2023) Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid Kelas 5 di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381011008_SAMPUL.pdf

Download (239kB)
[img] Text
20381011008_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
20381011008_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text
20381011008_ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
20381011008_DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
20381011008_BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
20381011008_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
20381011008_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
20381011008_BAB IV.pdf

Download (828kB)
[img] Text
20381011008_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
20381011008_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
20381011008_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (318kB)

Abstract

Kata Kunci: Siswa, Metode, Hasil Belajar, Metode Index Card Match. Mencocokkan kartu atau mencari pasangan kartu yang biasa dikenal dengan metode Index Card Match merupakan cara belajar yang aktif dan menyenangkan. Metode ini merupakan terobosan baru dan inovasi baru dalam proses pembelajaran didalam kelas. Cara kerja metode ini yaitu mencari pasangan kartu atau mencocokkan antara kartu soal dan jawaban. Guru merupakan kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. Guru menjadi inti dalam proses pengorganisasian, pengarahan, serta menciptakan suasana aktifitas mengajar yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Pemahaman guru akan metode pembelajaran dapat mempengaruhi peran dan aktifitas siswa didalam pembelajaran. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dan siswa pasif didalam kelas. Dengan permasalahan tersebut terdapat dua rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: Pertama, Apakah penerapan metode Index Card Match akan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas 5 di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan?, Kedua, Bagaimana gambaran efektivitas metode Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas 5 di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Data yang diperoleh peneliti yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan lembar pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, hasil belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran ilmu tajwid di Madrasah Diniyah Nurul Ulum siklus I memperoleh persentase ketuntasan belajar 65% sedangkan silus II meningkat menjadi 90%, sehingga penggunaan metode Index Card Match dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Kedua, efektivitas penggunaan metode Index Card Match pada siklus I persentase aktivitas guru yaitu 92,3% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 98,07% dengan kriteria (sangat baik). Kemudian pada aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 88,39%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95,53% dengan kriteria (tinggi). Sehingga dapat dipastikan bahwa penggunaan metode Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu tajwid kelas 5 di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:17
Last Modified: 11 Jul 2024 01:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5903

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item