Wulandari, Eva (2023) Strategi Menghafal Al-Qur’an (Studi Komparatif Di Pondok Pesantren Baitil Qur’an Al-Ghazali Pegantenan dan Pondok Kecil AlHamidy Banyuanyar Palengaan Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Eva Wulandari_21380012011_Cover_PAI.pdf Download (191kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf Download (233kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (237kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_Abstrak_PAI.pdf Download (212kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_Daftar Isi_PAI.pdf Download (172kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_BAB I_PAI.pdf Download (337kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_BAB IV_PAI.pdf Download (407kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_BAB VI_PAI.pdf Download (201kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (226kB) |
|
Text
Eva Wulandari_21380012011_Lembar Pernyataan Keaslian Karya_PAI.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Menghafal, Al-Qur’an Al-Qur’an yang merupakan pedoman bagi umat islam, sangat penting untuk memeliharanya. Salah satu caranya dengan menghafal. Perlu adanya strategi pembelajaran dalam menghafalnya supaya lebih mudah, efektif dan efisien. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana pelaksanaan menghafal alQur’an, kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat menghafal al-Qur’an, ketiga Bagaimana tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian komparatif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasinya adalah pengasuh, ketua tahfidz, guru tahfidz serta siswa, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Transferability, depenability,dan konfirbality. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Pelaksanaan pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Baitil Qur’an Al-Ghazali yaitu setiap hari kecuali malam selasa dan jum’at. Menambah hafalan minimal 1 kaca, menyetor ulang hafalan minimal 2 lembar setengah kaca, menghafal dari juz 30, menyetor menyebut surah, halaman, ayat, madaniyah atau makkiyah, menyetor kartu hafalan dan pelanggaran, hafal 1 juz menyetor ulang dan test. 5 juz ditasmi’ dirumah siswa dan diwisuda, siswa yang melanggar dihukum,lebih banyak muroja’ah, targer 1 tahun minimal hafal 5 juz. Serta metodenya yaitu metode wahdah, muroja’ah dan test sedangkan di Pondok Kecil Al-Hamidy Banyuanyar tidak ada target menghafal, diwajibkan lulus amsilati (program baca kitab kuning), makhorijul huruf dan tajwid, menghafal dari juz 30, menggunakan al-Qur’an utsmani, hafal 1 juz fokus muroja’ah, sebelum menyetor dibaca didepan guru, 5 juz ditasmi’dan test, siswa yang melanggar dihukum, metodenya yaitu metode wahdah, muroja’ah dan test. Kedua, Faktor pendukung di Pondok Pesantren Baitil Qur’an Al-Ghazali adalah masyarakat, wali murid, guru hafiz 30 juz, pengasuh hafiz 30 juz. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak takhussus, teman, hafalannya kesusul dengan yang lain, malas dan jenuh siswa. Di Pondok Kecil Al-Hamidy Banyuanyar pendukungnya adalah semangat santri, orang tua, guru hafiz 30 juz. Sedangkan penghambatnya adalah lingkungan pondok yang tidak bersuasana al-Qur’an. Ketiga, Tingkat keberhasilan pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Baitil Qur’an Al-Ghazali yaitu siswa ditasmi’lancar, aktif ibadah, istiqomah program. Sedangkan di Pondok Kecil Al-Hamidy Banyuanyar adalah istiqomah program, ditasmi’lancar, hafalannya fasih dan akhlak siswa bagus
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5914 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |