Model Komunikasi Guru Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pagantenan Pamekasan

HASANAH, ISNAWATUN (2020) Model Komunikasi Guru Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pagantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Isnawatun Hasanah_20160701080045_Cover_TIPS.pdf

Download (36kB)
[img] Text
c. Isnawatun Hasanah_20160701080045_Lembar_Persetujuan_TIPS.pdf

Download (28kB)
[img] Text
d. Isnawatun Hasanah_20160701080045_Surat_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf

Download (41kB)
[img] Text
e. Isnawatun Hasanah_20160701080045_Abstrak_TIPS.pdf

Download (9kB)
[img] Text
f. Isnawatun Hasanah_20160701080045_Daftar_Isi_TIPS.pdf

Download (8kB)
[img] Text
g. Isnawatun Hasanah_20160701080045_BAB I_TIPS.pdf

Download (50kB)
[img] Text
h. Isnawatun Hasanah_20160701080045_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
i. Isnawatun Hasanah_20160701080045_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
j. Isnawatun Hasanah_20160701080045_BAB IV_TIPS.pdf

Download (120kB)
[img] Text
k. Isnawatun Hasanah_20160701080045_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
l. Isnawatun Hasanah_20160701080045_Daftar_Rujukan_TIPS.pdf

Download (28kB)
[img] Text
b. Isnawatun Hasanah_20160701080045_Surat_Pernyataan_Keaslian _Tulisan_TIPS.pdf

Download (24kB)

Abstract

SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pagantenan Pamekasan merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di pamekasan yang merupakan salah satu tempat untuk melangsungkan kegiatan belajar mengajar, di mana dalam prosesnya pasti terjadi komunikasi antara guru dengan siswa. seperti yang kita ketahui bersama bahwa guru memegang peranan penting dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menjadi guru yang komunikatif guru harus mengetahui berbagai model komunikasi, dan mengetahui model komunikasi yang tepat untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar agar siswa termotivasi untuk belajar. Karena motivasi merupaka hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh siswa agar siswa terangsang atau terdorong untuk belajar dengan kata lain mempunyai semangat dalam belajar. Seperti yang kita ketahaui bersama dalam dunia pendidikan ada banyak permasalahan dalam proses belajar mengajar, seperti malas belajar, mengobrol/bergurau dengan temannya, mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung, dan lain sebagainya. Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana model komunikasi Guru sebagai upaya memotivasi belajar siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pagantenan Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor penghambat model komunikasi Guru sebagai upaya memotivasi belajar siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pagantenan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru IPS dan siswa kelas VIII. Sedangkan sedangkan data yang dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model komunikasi guru sebagai upaya memotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS adalah guru menggunakan ketiga model tergantung dari materi yang akan disampaikan, Sedangkan untuk memotivasi siswa untuk belajar melalui komunikasi adalah dengan cara pertama mendekati, masuki dunia mereka (siswa), baru bawa siswa ke dunia kita, maksudnya sebelum memulai pelajaran IPS guru memberi motivasi terlebih dahulu kepada siswa. dan dari ke tiga model komunikasi siswa lebih aktif saat guru menggunakan model komunikasi banyak arah dari pada model komunikasi satu arah dan dua arah. Dan lebih efektif lagi apa bila ketiga model digabung menjadi satu, karena dengan begitu siswa benar-benar dirangsang untuk belajar. Faktor penghambat model komunikasi guru sebagai upaya memotivasi belajar siswa adalah datang dari siswa seperti siswa mengantuk, bicara sendiri, mengobrol dengan temannya, bahkan ada yang hanya menggambar dibuku tulisnya bukan mendengarkan guru saat menjelaskan di depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m_005 ??
?? m_071 ??
?? m_090 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 03 Feb 2021 00:57
Last Modified: 03 Feb 2021 00:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/592

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item