Alibi, A. Yasin (2023) Implementasi program tahfidzul Qur’an dengan metode tahsin, talaqqi, takrir, dan tasmi’ + muraja’ah (4t + 1 m) dalam meningkatkan hafalan siswa SMP Tahfidz Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
cover skripsi alibi.pdf Download (358kB) |
|
Text
halaman persetujuan.pdf Download (32kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (49kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
|
Text
DAFTAR ISI skripsi alibi.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB I skripsi alibi.pdf Download (517kB) |
|
Text
BAB II skripsi alibi.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
|
Text
BAB III skripsi alibi.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
|
Text
BAB IV skripsi alibi.pdf Download (922kB) |
|
Text
BAB V skripsi alibi.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN skripsi alibi.pdf Download (305kB) |
|
Text
surat keaslian tulisan.pdf Download (60kB) |
Abstract
Kata kunci: Penerapan Metode 4T+1M, Kendala Penerapan Metode 4T+1M. Tahfidzul qur’an merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting dalam mengembangkan potensi siwa/siswi, sehingga potensi yang mendasari berupa kecerdasan baik berupa kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), ataupun kecerdasan spiritual (SP), yang ditumbuhkan melalui tahfidzul qur’an, maka akan mencetak generasi yang unggul dan fenerasi qurani yang diharapkan sekolah, bangsa dan agama. Fokus permasalahan dalam pemelitian ini ada dua bagian: pertama, bagaimana penerapan program tahfidzul qur’an dengan metode tahsin, talaqqi, takrir, dan tasmi’ + muraja’ah (4T+1M) dalam meningkatkan hafalan siswa SMP Tahfidz Pamekasan? Kedua, Apa saja kendala dari penerapan program tahfidzul qur’an dengan metode tahsin, talaqqi, takrir, dan tasmi’ + muraja’ah (4T+1M) dalam meningkatkan hafalan siswa SMP Tahfidz Pamekasan? Untuk lebih mengetahui permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif dengan lama penelitian mulai masuknya surat tanggal 31 May 2023. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa Penerapan program tahfidzul qur’an dengan metode tahsin, talaqqi, takrir, dan tasmi’ + muraja’ah (4T+1M) dalam meningkatkan hafalan siswa SMP Tahfidz Pamekasansudah berjalan dengan baik bahkan dengan adanya metode ini siswa sudah bagus dalam bacaannya seperti bacaan makhorijul huruf beserta cara meulisnya (tahsin) dan juga siswa mampu meniru gerak bibir (talaqqi) yang diperagakan oleh gurunya dan mengulangnya kembali pada setiap hafalannya, siswa juga mampu menjaga hafalannya dengan metode takrir, tasmi’ dan muroja’ah karena dengan metode takrir, tasmi’ dan muroja’ah siswa dapat mengetahui kebenaran dan kekuatan hafalannya bahkan juga dalam penggunaan panca indra (tasmi’). Dan mengenaikendala dari Penerapan program tahfidzul qur’an dengan metode tahsin, talaqqi, takrir, dan tasmi’ + muraja’ah (4T+1M) dalam meningkatkan hafalan siswa SMP Tahfidz Pamekasan, pada metode tahsin bil loghah atau tahsin khitabah tidak adanya buku pegangan siswa sedangkan pada metode talaqqi kendala penerapannya pada siswa yang masih belajar membaca, pada metode takrir dan murajaah kurangnya alokasi waktu sedangkan pada metode tasmi’ yaitu kurangnya konsentrasi atau fokus pada saat pelaksanaannya karena metode tasmi’ mengajarkan untuk mampu menggunakan panca indra dengan baik sehingga mampu mengetahui kekuatan hafalannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5922 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |