Hamiyah, Hamiyah (2023) Konsep Pendidikan Islam Multikultural Persfektif M. Amin Abdullah dengan Pendekatan Ukhuwah Wathaniyah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
HAMIYAH_19381012023_SAMPUL_PAI.pdf Download (44kB) |
|
Text
HAMIYAH_19381012023_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (119kB) |
|
Text
HAMIYAH_19381012023_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (255kB) |
|
Text
HAMIYAH_19381012023_ABSTRAK_PAI.pdf Download (78kB) |
|
Text
HAMIYAH_19381012023_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (100kB) |
|
Text
HAMIYAH_19381012023_BAB I_PAI.pdf Download (459kB) |
|
Text
HAMIYAH_109381012023_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
HAMIYAH_1938101223_BAB III_PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
HAMIYAH_19381012023_BAB IV_PAI.pdf Download (82kB) |
|
Text
HAMIYAH_19381012023_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (161kB) |
|
Text
HAMIYAH_19381012023_KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (135kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Islam Multikultural, M. Amin Abdullah, Ukhuwah Wathaniyah Pendidikan Islam Multikultral memiliki potensi yang signifikan dalam mengarahkan peserta didik kepada pandangan toleran atau sebaliknya. Selain itu, pendidikan agama juga berpotensi kuat untuk mewujudkan persatuan, ataupun sebaliknya. Dengan begitu, akan lahir sebuah generasi yang mempunyai nasionalisme tinggi terhadap tradisi dan keyakinannya, serta memiliki kemauan dan kemampuan intelektual yang memadahi untuk memelihara tradisi tersebut secara turun temurun, tetapi juga mampu menerima, mengakui dan menghargai keberadaan tradisi dan keyakinan lain yang berbeda sebagai kekayaan kebudayaan dunia. Barang kali inilah inti dari out put penawaran sistem pendidikan Islam multikultural yang ditawarkan M. Amin Abdullah. Konsep multikultural ini identik dengan ukhwah wathaniyah yang merupakan bentuk persaudaraan yang diikat oleh jiwa nasionalisme tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, adat istiadat dan budaya dan aspek-aspek yang lainnya. Dalam penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian Kepustakaan (Libarary Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari buku karya M. Amin Abdullah, serta literatur yang mendukung penelitian ini melalui tekhnik Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Analisis isi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, konsep pendidikan Islam multikultural persfektif M. Amin Abdullah dibagi menjadi 5 yaitu, a). Pendidikan Islam Multikultural Persfektif M. Amin Abdullah, b). Tujuan Pendidikan Islam Multikultural Persfektif M. Amin Abdullah, c). Urgensi Pendidikan Islam Multikultural, d). Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Multikultural menurut M. Amin Abdullah, e). Penerapan Model Social Contract. M. Amin Abdullah mengartikan pendidikan Islam Multikultural sebagai pendidikan “perdamaian” yang berasaskan toleransi mutlak yang harus dilakukan dan diajarkan secara seksama terhadap anak didik sebagai bekal untuk menghadapi kemajemukan yang ada, agar tidak terjadi konflik yang ditimbulkan dari perbedaan baik itu perbedaan agama, budaya, ras suku dan lain sebagainya. Kedua, dasar konsep pendidikan Islam multikultural dengan pendekatan ukhuwah wathaniyah berlandaskan pada piagam madinah sebagai awal mula hadirnya toleransi antar umat beragama yang digagas oleh nabi Muhammad SAW.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:49 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:49 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5933 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |