HASANAH, MABRUROTUL (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas X SMAN 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012039_SAMPUL.pdf Download (170kB) |
|
Text
20381012039_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
20381012039_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (310kB) |
|
Text
MABRUROTUL HASANAH_20381012039_ABSTRAK_PAI.pdf Download (35kB) |
|
Text
20381012039_DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
20381012039_BABl.pdf Download (341kB) |
|
Text
20381012039_BABll.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
20381012039_BABlll.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
20381012039_BABlV.pdf Download (570kB) |
|
Text
20381012039_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
Text
20381012039_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (407kB) |
|
Text
20381012039_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (176kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Think Pair Share, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Metode pembelajaran think pair share atau berpikir berpasangan berbagi merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung didalam kelas. Metode ini dapat membuat pendidik mengatur dan mengendalikan kelas secara keseluruhan. Metode think pair share merupakan metode yang bisa menjadikan suasana kelas menjadi aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan dengan adanya diskusi yang dilakukan. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana penerapan metode pembelajaran think pair share pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas X SMAN 1 Pademawu. Kedua, Bagaimana efektivitas metode pembelajaran think pair share pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas X SMAN 1 Pademawu. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah: Kepala SMA, Guru PAI dan siswa siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, mendisplay atau menyajikan data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan pengamatan, serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode pembelajaran ini sudah diterapkan dengan baik. Ada beberapa langkah yang di lakukan oleh guru. Adapun langkah pertama yaitu think atau berpikir, langkah selanjutnya yaitu pair atau berpasangan dan dilanjutkan dengan langkah terakhir yaitu share atau berbagi. Kedua, efektivitas pada metode ini yaitu sudah bisa dikatakan efektif. Hal ini diketahui dengan adanya kemudahan bagi siswa dalam memahami suatu materi yang disampaikan, pembelajaran tidak monoton, serta suasana kelas menjadi aktif dengan adanya diskusi yang di laksanakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:49 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:49 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5953 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |