Jaya, Agus Prana (2024) Penerapan Nilai-Nilai Ketauhidan sebagai solusi terhadap Disorientasi Belajar Siswa di SMAN 1 Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381011194_SAMPUL.pdf Download (10kB) |
|
Text
20381011194_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (112kB) |
|
Text
20381011194_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (328kB) |
|
Text
20381011194_ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
|
Text
20381011194_DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) |
|
Text
20381011194_BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text
20381011194_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
Text
20381011194_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
20381011194_BAB IV.pdf Download (969kB) |
|
Text
20381011194_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
20381011194_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (302kB) |
|
Text
20381011194_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (289kB) |
Abstract
Kata Kunci : Penerapn, Nilai – Nilai Ketauhidan, Disorientasi Belajar Kemajuan teknologi informasi yang semakin maju dan budaya barat yang sudah masuk pada peserta didik pasti tidak akan lepas dengan proses perubahan-perubahan yang di alami oleh peserta didik sekarang. Disitulah peran nilai – nilai ketauhidan untuk mempertahankan apa yang sudah seharusnya menjadi kewajiban siswa dalam belajar melalui sektor agama. Adapun permasalahan yang menjadi topik dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana penerapan nilai-nilai ketauhidan sebagai solusi terhadap disorientasi belajar siswa Di SMAN 1 Sumenep. Kedua apa faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai ketauhidan sebagai solusi terhadap disorientasi belajar siswa Di SMAN 1 Sumenep. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai – nilai ketauhidan sebagai solusi terhadap disorientasi belajar Di SMAN 1 Sumenep, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan nilai – nilai ketauhidan pada peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan Nilai-nilai Ketauhidan sebagai Solusi terhadap Disorientasi Belajar Siswa di SMAN 1 Sumenep yaitu ada dua, Nilai Ilahi dan Nilai Insani. Penerapa nilai ilahi dimulai dari jam 06 : 15 yang dimulai dengan (Baca Tulis Hafal AL - Qur’an) BTHQ. Selain itu mereka menerapkan wajib shalat berjemaah ketika sampai pada waktunya shalat wajib. Sedangkan dari nilai insani mereka menerapkan peduli sesama yang dilakukan untuk berbagi degan orang yang lebih membtuhkan jum’at beramal. Selain itu mereka menerapkan 5S ( Salam, Senyum, Sapa, sopan, dan santun). Kedua,faktor pendukung dari penerapan nilai – nilai ketahidan yaitu sudah disediakan pengajar yang sudah profesional dan waktu yang memadai untuk menunjang pembelajaran tersebut. Sedangkan faktor penghambat dari penerapn nilai – nilai ketauhidan yaitu waktu yang terlalu pagi dan vinansial untuk memebrikan gaji tambahan kepada guru pengajar. Karena mereka bekerja diluar jam dinas mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5955 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |