Musyafak, Maulana Iqbal (2022) Pembelajaran Nahwu Shorof Sebagai Dasar Keterampilan Membaca Kitab Kuning Murid MD Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
cover baru.pdf Download (310kB) |
|
Text
persetujuan pembimbing baru.pdf Download (204kB) |
|
Text
halaman pengesahan bary.pdf Download (275kB) |
|
Text
ABSTRAK IQBAL.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR IS1 IQBAL.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB I IQBAL.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB II IQBAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
Text
BAB III IQBAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
BAB IV IQBAL.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB V IQBAL.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
Text
Daftar PustakIQBAL.pdf Download (205kB) |
|
Text
pernyataan keaslian tulisan baru.pdf Download (225kB) |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran Nahwu Shorof, Keterampilan Membaca Kitab Kuning Kajian skripsi ini di latar belakangi oleh perlunya pembelajaran nahwu shorof sebagai modal dasar dalam membaca dan memahami kitab kitab Agama Islam khususnya kitab kuning yang notabennya bertuliskan Arab. Dalam artian seseorang ketika ingin belajar membaca kitab kuning penting baginya terlebih dahulu belajar ilmu nahwu dan shrorof sebagai dasar untuk membaca dan memahaminya, sesuai dengan arti dari nahwu dan shorof itu sendiri yaitu nahwu merupakan pondasi atau undang undang dalam bahasa arab untuk mengetahui bentuk bentuk dan keadaannya dalam suatu kalimat sedangkan shorof yaitu mengubah bentuk asal kepada bentuk bentuk lain untuk mencapai arti yang di kehendaki. Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana pelaksanaan pembelajaran nahwu shorof di MD Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan, kedua faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran nahwu shorof sebagai dasar keterampilan membaca kitab kuning murid MD Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan, ketiga Apa saja metode yang di gunakan dalam melaksanakan pembelajaran nahwu shorof sebagai dasar keterampilan membaca kitab kuning murid MD Muballighin 1 Tanjung Pademawu Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun untuk pengecekan keabsahan datanya peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pembelajaran nahwu shorof di MD Muballigin 1 tanjung dijadwalkan 1 minggu 1 kali pertemuan dan hanya kelas 4,5, dan 6 sajalah yang diberi materi pembelajaran tersebut. Pelaksanaan pembelajarannya meliputi 3 aspek yaitu: pra pembelajaran, pembelajaran inti, dan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat faktor faktor yang menjadi penghambat juga pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran nahwu shorof. Berikut beberapa faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan pembelajaran nahwu shorof: a.) siswa b.) media pembelajaran c.) perhatian orang tua. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung yaitu: a.) guru b.)orang tua. Pada saat pelaksaan pembelajaran berlangsung tentunya terdapat metode metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pembelajaran, dalam hal ini guru menggunakan tiga metode yaitu a.) metode ceramah b.) metode tanya jawab c.) metode resitasi atau pekerjaan rumah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5957 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |