Faizin, Mohammad Rizal (2023) Penerapan Sistem Pendidikan Pesantren Berbasis Takhassus An-Nasyri Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Santri Pondok Pesantren Banyuanyar Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ Cover_ PAI.pdf.pdf Download (121kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ Lembar_ Persetujuan_ Pembimbing _ PAI.pdf.pdf Download (90kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ Lembar Pengesahan_ PAI.pdf.pdf Download (141kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ Abstrak_ PAI.pdf.pdf Download (192kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ Daftar_ Isi_ PAI.pdf.pdf Download (93kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ BAB I_ PAI.pdf.pdf Download (252kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ BAB II_ PAI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ BAB III_ PAI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ BAB IV_ PAI.pdf.pdf Download (577kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ BAB V_ PAI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ Daftar_ Rujukan_ PAI.pdf.pdf Download (312kB) |
|
Text
Mohammad Rizal Faizin_ 18381011122_ Surat_ Pernyataan Keaslian_ Karya_ dan_ Persetujuan Publikasi_ PAI.pdf.pdf Download (131kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Takhassus An-Nasyri. Pondok pesantren Darul ulum Banyuanyar merupakan pesantren salafy dan tidak juga menafikan perkembangan zaman. Tetap menjaga nilai-nilai lama dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih baik, seperti halnya maqolah dibeberapa kitab ”Melestarikan (nilai-nilai) lama yang relevan dan mengadopsi (metode) bari yang lebih relevan”. Demikian bentuk dengan istilah kegiatan Takhassus AnNasyri. Terdapat dua fokus penelitian, yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan sistem pendidikan pesantren berbasis Takhassus An-Nasyri dalam mengembangkan pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan? Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem pendidikan pesantren berbasis Takhassus An-Nasyri dalam mengembangkan pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Kabupaten Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara tak terstruktur, observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah Ustadz, ketua pengurus Pondok Pesantren dan santri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Penerapan Kegiatan Takhassus Annasyri dilakukan dengan cara sistem kelompok yang mana setiap kelompok mempelajari keilmuan yang berbeda seperti kitab kuning, Al-Quran, dan menghafal Al-Quran. Kegiatan ini juga mempunyai tingkatan sesuai kemampuan dan tingkatan santri dengan ditandai oleh kartu kuning, hijau dan merah sebagaimana sudah diterapkan oleh pondok pesantren Banyuanyar. Kedua, faktor pendukung dalam pengembangan karakter melalui kegiatan Takhassus AnNasyri yaitu dari segi lingkungan yang mendukung, fasilitas yang lengkap dan dari kemauan santri sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari rasa malas santri karena kegiatan yang rutin, karena santri yang tidur dan karena rasa bosan santri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5961 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |