Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Al Islam Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament Di Kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep

Ali Syah, Muhammad Reza (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Al Islam Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament Di Kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381011058_SAMPUL.pdf

Download (109kB)
[img] Text
19381011058_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
19381011058_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
19381011058_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
19381011058_DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
19381011058_BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
19381011058_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
19381011058_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
19381011058_BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
19381011058_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
19381011058_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
19381011058_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (278kB)

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Team Game Tournament. Team Game Tournament merupakan salah satu jenis atau gaya pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning. Pembelajaran ini mengutamakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan kerjasama antar siswa dalam kelompok besar berdasarkan konsep Turnamen Akademik. Guru merupakan faktor yang sangat penting keberadaannya dalam mengelola proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru diharapkan paham dan mampu menerapkan strategi pembelajaran seperti penggunaan model pembelajaran kooperatif yaitu Team Game Tournament. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga rumusan masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Bagaimana penerapan model pembelajaran Team Game Tournament pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, Bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, Apakah penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, dan untuk analisis data dari penelitian ini dilakukan secara analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament pada pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep dilaksanakan dalam dua Siklus yaitu pada tanggal 13 dan 20 Januari 2023. Kedua, Efektifitas penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament pada siklus I nilai persentasenya 53,1% (kategori cukup) dan pada siklus II persentasenya 84,4% (kategori sangat baik) sehingga dapat dipastikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Al Islam melalui model pembelajaran Team Game Tournament di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep dikatakan efektif. Ketiga, Hasil belajar siswa kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep siklus I memperoleh persentase 54,5% sedangkan siklus II memperoleh 86,4%, sehingga penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al Islam di kelas Fase E1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:48
Last Modified: 10 Jul 2024 04:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5963

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item