Penigkatan Kunjungan Siswa Ke Perpustakaan Melalui Pemberian Reward Di SMPN 5 Pamekasan

Fahmi, Iqbal Ali (2023) Penigkatan Kunjungan Siswa Ke Perpustakaan Melalui Pemberian Reward Di SMPN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-Sampul-MPI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
c. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-Halaman Persetujuan-MPI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
d. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-Halaman Pengesahan-MPI-MPI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
e. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-Abstrak-MPI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
f. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-Daftar Isi-MPI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
g. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-BAB I-MPI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
h. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
i. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
j. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-BAB IV-MPI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
k. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
l. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-Daftar Pustaka-MPI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
b. Iqbal Ali Fahmi-20160701040090-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf

Download (78kB)

Abstract

Kata Kunci: Perpustakaan, kunjungan siswa, Reward Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi dan sumber belajar semestinya menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan dan pelayihan yang ada, baik di lingkungan persekolahan, luar sekolah, dunia kerja, maupun masyarakat pada umumnya. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama Bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kunjungan siswa ke perpustakaan melalui pemberian Reward di SMPN 5 Pamekasan. Kedua, Bagaimana faktor pendukung sekolah dalam pemberian Reward terhadap peningkatan kunjungan siswa ke perpustakaan di SMPN 5 pamekasan. Ketiga, Apa saja kendala dan upaya sekolah mengatasinya dalam hal meningkatkan kunjungan siswa ke perpustakaan melalui pemberian Reward di SMPN 5 pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi sumber penelitian ini adalah minat kunjung perpustakaan kepada kepala sekolah sebagai penanggung jawab, kepala perpustakaan dan pengurus perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi non partisipan, dan wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data dan display data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa. Pertama, Cara meningkatkan kunjungan siswa ke perpustakaan melalui pemberian reward di SMPN 5 Pamekasan dilakukan dengan cara bekerja sama dengan beberapa guru mata pelajaran terkait kebutuhan buku untuk membantu proses belajar mengajar dan pihak perpustakaan memberikan reward beberapa bingkisan kecil untuk mengapresiasi siswa yang sering meminjam dan mengunjungi perpustakaan. Kedua, Faktor pendukung dalam meningkatkan kunjungan siswa di perpustakaan selain pemberian reward adalah menambah fasilitas perpustaakaan dan menjaga kenyamanan siswa berada saat melakukan kunjungan. Ketiga, Kendala sendiri hanya terletak pada diri siswa yang mulai meninggalkan literatur buku sebagai salah satu media informasi beralih kepada kemajuan teknologi seperti google. Sedangkan upaya sekolah untuk hal ini adalah dengan memberikan reward dan bekerja sama dengan guru untuk meningkatkan minat dan cinta siswa kepada membaca sehingga bisa meningkatkan kunjungan siswa di SMPN 5 Pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:28
Last Modified: 11 Jul 2024 01:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5980

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item