Masunah, Hilyatul (2023) Peran Guru Tugas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Ma’had Al-Haromain Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).pdf Download (199kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN HILAYTUL MASUNAH.pdf Download (256kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN HILYATUL MASUNAH.pdf Download (181kB) |
|
Text
ABSTRAK HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR ISI HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB I HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).pdf Download (271kB) |
|
Text
BAB II HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
Text
BAB III HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
BAB IV HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).pdf Download (440kB) |
|
Text
BAB V HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA HILYATUL MASUNAH 18381012071(PAI).pdf Download (208kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN HILYATUL MASUNAH.pdf Download (156kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran, Guru Tugas, Ma’had. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran Guru tugas di Ma’had al-Haromain Kabupaten Pamekasan. Fokus dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana peran guru tugas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di Ma’had Al-Haromain. Kedua, apa saja kendala peran guru tugas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di Ma’had Al-Haromain. Ketiga, bagaimana solusi dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di Ma’had Al-Haromain. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui peran guru tugas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di Ma’had Al-Haromain. Kedua, untuk mengetahui kendala peran guru tugas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di Ma’had Al-Haromain. Ketiga, untuk mengetahui solusi peran guru tugas dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di Ma’had Al-Haromain. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah ketua Ma’had Al-Haromain, guru tugas Ma’had Al-Haromain dan santri di Ma’had Al-Haromain. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan Tringulasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui pertama, peran guru tugas dalam pelaksanaan pendidikan diantaranya sebagai fasilitator, pembimbing, demonstrator, pengelolaan kelas dan supervisor. Kedua, kendala peran guru tugas antara lain. Tidak semua santri memiliki kemampuan dasar bahasa Arab, sebagaian santri tidak biasa mengikuti kegiatan bimbingan dan Belum tersedia media digital online dalam bimbingan. Ketiga solusi, bagaimana solusi peran guru tugas antara lain, Diadakan dan disediakan bimbingan khusus bagi santri dengan pilihan waktu lain di luar jam pelajaran serta masih menggunakan media yang ada secara manual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:47 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5993 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |