“ Penerapan Strategi The Power Of Two dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Sampang”

Agustin, Lilis (2023) “ Penerapan Strategi The Power Of Two dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Sampang”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Lilis Agustin_19381012146 Cover_PAI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_hal persetujuan_Pai.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_Halaman Pengesahan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_Abstrak_PAI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_BAB I_PAI.pdf

Download (587kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_BAB IV_PAI.pdf

Download (805kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Lilis Agustin_19381012146_keaslian tulisan_PAI,.pdf

Download (124kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi The Power Of Two, Hasil Belajar, Pelajaran Fiqih Pembelajaran Fiqih merupakan pelajaran bermuatan pendidikan agama islam yang memberikan pengetahuan tentang ajaran islam dalam segi hukum Syara’ dan membimbing peserta agar memiliki keyakinan dan mengetahui hukum- hukum dalam islam dengan benar serta membentuk kebiasaan untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari- hari. Sehingga peneliti menggunakan strategi The Power Of Two supaya siswa mengerti dan sangat kreatif, baik dalam kelas maupun berkelompok ketika mengikuti pembelajaran fiqih. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana proses penerapan strategi The Powe Of Two dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Pada mata pelajaran Fiqih di MAN Sampang? Kedua, Bagaimana hasil penerapan strategi The Power Of Two dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Pada mata pelajaran Fiqih di MAN Sampang?. Ketiga, Apa saja faktor pendukung atau penghambat strategi The Power Of Two dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Pada mata pelajan Fiqih di MAN Sampang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomonologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, guru mata pembelajarn fiqih, siswa di MAN Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian di atas yaitu : penerapan strategi the power of two ini dilakukan dengan mempersiapkan materi pembelajaran, dan terdapat langkahlangkah yang dilakukan guru dalam menerapkan strategi the power of two diantaranya, guru mempersiapkan materi atau tujuan pembelajaran, setelah itu dibagi perkelompok, mengintruksikan siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya, perwakilan setiap kelompok mempresentasikan dari hasil kelompoknya, dan terakhir guru memberi nilai dari hasil diskusinya. Mengenai faktor pendukung dan penghambat ada beberapa faktor pendukung dalam penerapan strategi the power of two, adanya kemampuan guru dalam menerapkan strategi the power of two, adanya peningkatan hasil belajar siswa, dan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya waktu atau ketika melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two. Untuk hasil dari peningkatan hasil belajar siswa dengan guru menggunakan strategi the power of two ini siswa lebih semangat untuk belajar dan senang ketika mengikuti pembelajaran fiqih di MAN Sampang. Dengan hal ini, bisa dikatakan penerapan strategi the power of two yang di terapkan oleh guru fiqih di MAN Sampang ini, membuat hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:47
Last Modified: 10 Jul 2024 04:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5994

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item