PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN JUZ AMMA DI SDIT AL-USWAH PAMEKASAN

Abdussamad, Abdussamad (2019) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN JUZ AMMA DI SDIT AL-USWAH PAMEKASAN. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ABDUSSAMAD (TESIS).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Abdussamad, 2019 Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Program Tahfidz alQur’an Juz Amma di SDIT Al-Uswah Pamekasan, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag. dan Dr. Muhammad Thaha, M.Pd. Kata Kunci : pendidikan, karakter, tahfidz, al-Qur’an Penelitian ini dilakukan berdasarkan keprihatinan terhadap moralitas anak bangsa yang semakin hari semakin rusak dan mulai tak terkendali. Karakter mereka semakin tercerabut dari nilai-nilai dan akar budaya bangsanya sendiri. Di sekolah pembangunan pendidikan karakter sebagai upaya membentuk kepribadian luhur peserta didik masih belum betul-betul maksimal, bahkan cenderung teoritis belaka, Sekolah kadang lebih bangga bila aspek kognitifnya dan keberhasilan akademiknya lebih unggul dari pada pembangunan aspek moralnya. Dengan latar belakang tersebut penelitian ini berusaha menguak fokus penilitian yang meliputi: pertama, bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di SDIT Al-Uswah ?, kedua, apa aspek-aspek pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di SDIT Al-Uswah ?, ketiga, bagaimana keberhasilan pelaksanaan pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di SDIT Al-Uswah ?, keempat, bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di SDIT Al-Uswah ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan, aspek-aspek, keberhasilan, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an juz amma di SDIT Al-Uswah Pamekasan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriftif. Pengumpulan sumber data melalui wawancara, obserasi, dan dokumentasi. Sumber data atau informannya, direktur Al-Uswah Center Pamekasan, kepala sekolah, guru tahfidz, siswa, dan orang tua. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menyatakan; 1) bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an tersebut adalah berpedoman pada misi sekolah yang dijabarkan pada poin-poin quality assurance di SDIT Al-Uswah yaitu peserta didik menjadi pribadi yang bersungguh-sungguh, disiplin, dan mampu menahan dirinya, sedangkan proses pelaksanaannya melalui tiga tahapan, yaitu program kegiatan morning activity, kegiatan murojaah, dan ektra tahfidz sore hari. Adapun metode, strategi, dan evaluasi melalui tiga pendekatan, yaitu keteladanan guru, pembiasaan, dan tahfiz. 2) aspek-aspek pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an juz amma di SDIT Al-Uswah antara lain; aspek religius, disiplin, kemauan, kerja keras, dan tanggung jawab. 3) keberhasilan pelaksanaan pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an juz amma di SDIT Al-Uswah yaitu, pertama; tertanamnya nilai-nilai karakter religius, disiplin, kemauan yang tinggi, kerja keras, dan tanggun jawab peserta didik. Kedua,tecapainya target lulusan akhir peserta didik di sekolah tersebut dalam mengahafal minimal juz 30, bahkan ada yang sampai hal 4 juz. 4) faktor pendukung secara internal yaitu adanya pembinaan secara berjenjang dan berkelanjutan pada program tahfidz al-Qur’an juz amma, baik kegiatan morning activity, kegiatan murojaah siang, maupun kegiatan tahfidz ekstra sore. Sedangan secara eksternal yaitu dukungan moral orang tua, fasilitas dan lingkungan. Adapun hambatan secara internal yaitu kurangnya SDM guru khusus program al-Qur’an dan waktu yang kurang memadai. Adapun hambatan secara eksternal, yaitu kurangnya komitmen dan dukungan orang tua, lingkungan yang kurang ideal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:06
Last Modified: 22 Nov 2022 01:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item