Ashilah Maulidya, R. Ayu (2024) Ekstrakurikuler Bengkel Tahfidzh Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma di Madrasah Miftahul Ulum Gladak Anyar Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_SAMPUL_PAI.pdf Download (312kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_HAL PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (111kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_HAL PENGESAHAN_PAI.pdf Download (176kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_ABSTRAK_PAI.pdf Download (369kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (299kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_BAB I_PAI.pdf Download (479kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_BAB IV_PAI.pdf Download (479kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
Text
R. AYU ASHILAH M_20381012051_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf Download (414kB) |
|
Text
R. Ayu Ashilah M_20381012051_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (147kB) |
Abstract
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Bengkel Tahfidz, Menghafal, Juz ‘Amma. Dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik perlu adanya ekstrakurikuler dalam pendidikan sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki yang tentunya sesuai dengan visi dan misi sekolah atau madrasah atau lembaga, maka salah satu upaya yang dilakukan di Madrasah Miftahul Ulum Gladak Anyar dalam memfasilitasi peserta didik untuk terus mengembangkan potensinya yaitu dengan mengadakan ekstrakurikuler, terdapat beberapa ekstrakurikuler salah satunya yaitu ekstrakurikuler bengkel tahfidzh sehingga memberi kesempatan kepada peserta didik yang ingin atau mengembangkan hafalan AlQur’annya. Untuk itu peneliti menyusun sebuah rumusan masalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana penerapan ekstrakuikuler bengkel tahfidzh dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal juz amma di Madrasah Miftahul Ulum Gladak Anyar Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam ekstrakurikuler bengkel tahfidzh dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal juz amma di Madrasah Miftahul Ulum Gladak Anyar Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi. Kemudian untuk pengecekan kebsahan datanya dilakukan melalui perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan metode. Serta tahap penelitian yang digunakan mulai tahap pra lapangan, tahap kerja lapangan, dan tahap pengolahan data. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini : Pertama, Penerapan ekstrakurikuler tahfidzh bukan hanya berfokus pada proses menghafal namun juga pada bacaan Al-Quran peserta didik, terdapat kartu hafalan yang menjadi acuan penilaian terhadap hafalan maupun bacaan Al-Quran peserta didik. Kedua, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler bengkel tahfidzh, adapun faktor pendukungnya yakni adanya semangat dari peserta didik dan pembingmbing, adanya kerja sama antara pembimbing dengan wali murid, serta kemahiran bacaan Al-Quran peserta didik. Adapun faktor penghambatnya yakni aktifnya peserta didik dalam bermain atau bergurau ketika kegiatan berlangsung serta kurangnya fasilitas yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:47 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6001 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |