Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi Siswa di SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pegantenan

Fitriyah, Lailatul (2023) Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi Siswa di SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pegantenan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Lailatul Fitriyah_ 20381042162_Cover MPI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAILATUL FITRIYAH_20381042162_Pers. Pembimbing_MPI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
LAILATUL FITRIYAH_20381042162_Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Lailatul Fitriyah_20381042162_Abstrak_MPI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Lailatul Fitriyah_20381042162_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Lailatul Fitriyah_20381042162_BAB I_MPI.pdf

Download (477kB)
[img] Text
Lailatul Fitriyah_20381042162_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
Lailatul Fitriyah_20381042162_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
Lailatul Fitriyah_20381042162_BAB IV_MPI.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Lailatul Fitriyah_20381042162_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Lailatul Fitriyah_20381042162_Daftar Pustaka MPI.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Lailatul Fitriah_20381042162_ Keaslian Tulisan.pdf

Download (163kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa Strategi merupakan suatu proses yang dilakukan yang mengacu pada implementasi ide, rencana dan kegiatan dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Strategi literasi yang diterapkan masing-masing sekolah disesuaikan dengan berbagai sarana dan prasarana yang tersedia, keberhasilan pelaksanaan strategi literasi sangat bergantung pada berbagai faktor pendukung dan penghambat dan bagaimana cara sekolah menyikapi dan bertindak untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Mengembangkan budaya literasi merupakan langkah yang paling penting untuk dapat mengembangkan pula kemampuan siswa serta dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada siswa untuk dapat menggali lebih dalam lagi pengetahuannya. Oleh karena itu, kepala sekolah harus berupaya dalam membudidayakan literasi dengan mengembangkan budaya literasi sehingga siswa dapat mengetahui, memahami serta mempraktikkan pembelajaran sekolah melalui kegiatan dasar yaitu membaca agar dapat mengetahui hal yang sebelumnya belum pernah diketahui, atau memperluas wawasan dan pengetahuannya melalui kegiatan membaca. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini ada tiga yaitu: pertama, bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa di SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pengantenan. Kedua, bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa di SMPI AlGhazali Tebul Timur Pengantenan. Ketiga, bagaimana solusi dari adanya faktor penghambat strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa di SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pegantenan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi: Kepala sekolah, Guru dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yaitu meliputi: Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan, Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa di SMPI Al-Ghazali yaitu sebagai berikut: a) Memprogramkan kegiatan membaca 15 menit sebelum KBM, b) Mengadakan perlombaan karya tulis ilmiah siswa yang dilombakan pada saat ada classmeeting, dan c) Membaca santai dihari senin setelah upacara. 2. Faktor pendukung budaya literasi yaitu: a) Menyediakan fasilitas perpustakaan yang memadai dan , b) Adanya dana pada setiap program budaya literasi, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) Rendahnya minat baca dan motivasi belajar siswa, b) Siswa merasa jenuh, c) Kurangnya pojok baca disudut ruang kelas. 3. Solusi dari adanya faktor penghambat strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa yaitu: a) Menekankan siswa untuk mengikuti kegiatan budaya literasi disekolah, dan b) Pemenuhan fasilitas pemaksimalan program literasi di sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:28
Last Modified: 11 Jul 2024 01:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6008

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item