Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Smp Al-Faqih Sumber Nyamplong

Hakim, Lukman (2023) Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Smp Al-Faqih Sumber Nyamplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_COVER_MPI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_HALAMAN_PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_HALAMAN_PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_Abstrak_MPI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_BAB I_MPI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_BAB IV_MPI.pdf

Download (886kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LUKMAN HAKIM_18381041079_KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf

Download (93kB)

Abstract

Kata Kunci: Kurikulum Pesantren, Pembentukan Akhlakul Karimah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi topik atau pembahasan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, manajemen kurikulum pesantren di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong. Kedua, proses pembentukan akhlakul karimah di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Sumber informasinya dari kepala sekolah, Waka kurikulum, Waka kesiswaan, guru kelas dan pengurus pesantren di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong. Hasil penelitian ini menunjukkan kurikulum berbasis pesantren di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong selain mengikuti keputusan pemerintah juga dikembangkan dengan pola pesantren. Sedangkan manajemen kurikulum berbasis pesantren di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong antara lain: (1) Perencanaan kurikulum berbasis pesantren di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong meliputi bebrapa kegiatan diantaranya: penentuan tujuan, menentukan proses pembelajaran, menentukan organisasi pengalaman belajar, dan menentukan evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong sangat didukung oleh kemampuan guru yang mengajar. Pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren juga tampak pada sumber belajar, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, bahkan evaluasi pembelajaran. (3) Pengawasan kurikum berbasis pesantren di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal itu dapat dilihat dari teknik-teknik supervisi yang digunakan (4) Evaluasi kurikulum berbasis pesantren di SMP AlFaqih Sumber Nyamplong dilaksanakan dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product). Model evaluasi ini dipilih karena bersifat menyeluruh, seluruh komponen dari kurikulum dievaluasi. Mulai dari context atau tujuan dalam keterkaitannya dengan tuntutan masyarakat atau lapangan, Input atau masukan yaitu siswa sebagai subyek yang belajar, guru sebagaisubyek yang mengajar, desain kurikulum sebagai rancangan pembelajaran, media, dan sarana prasarana. Process siswa belajar dengan arahan, bantuan, dan dorongan dari guru. Product, baik hasil yang bisa dilihat dari jangka pendek pada akhir pendidikan atau hasil jangka panjang setelah bekerja atau belajar pada jenjang yang lebih tinggi. Sedangakan metode pembentukan akhlak yang diterapkan di sekolah berbasis pesantren adalah: metode pemahaman/ta’lim, metode pembiasaan/ta’wid, metode nasihat/mauidzoh,dan metode keteladanan/uswah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:29
Last Modified: 11 Jul 2024 01:29
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6015

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item